Hasil Blusukan Jokowi ke Waduk Gajah Mungkur – Wonogiri

Hasil Blusukan Jokowi ke Waduk Gajah Mungkur

Wonogiri, Viaberita.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan ‘blusukan’ ke kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah untuk meninjau kondisi Waduk Gajah Mungkur sebagai salah satu waduk terbesar di pulau Jawa. Dalam kunjungannya kali ini Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono. Apa hasil blusukan Jokowi ke Waduk Gajah Mungkur?

Dari kunjungan siang ini, Sabtu (29/11/2014), ditemui sejumlah fakta mengejutkan mengenai Waduk Gajah Mungkur. Waduk yang dibangun pada tahun 1982 ini mengalami sedimentasi cukup parah yang berakibat pada menurunnya kapasitas tampung waduk.

“(Waduk) Wonogiri ini dibangun tahun 1982 dengan kapasitas desain 440 juta meter kubik volumenya. Namun karena kerusakan DAS di atasnya ada sedimentasi 4,6 juta meter kubik dari DAS sejak tahun 2008. Sehingg sekarang ini mengendap di sana sudah sekitar 7 juta meter kubik di depan intake,” tutur Basuki di lokasi Waduk Gajah Mungkur sebagaimana dilansir detikFinance.

Lebih lanjut Basuki mengutarakan bahwa titik sedimentasi yang terletak di dekat intake atau mulut aliran bendungan sangat berbahaya karena berpotensi menghambat aliran air. Terlebih masyarakat sekitar yang mayoritas berprofesi sebagai petani sangat bergantung pada aliran air dari Waduk Gajah Mungkur ini.

“Tadi pantauan kami, sedimentasinya ini mengancam menutup intake sehingga harus segera kita tangani. Karena kalau yang di intake itu sedimentasinya sampai masuk, ngeri sekali,” kata Basuki.

“Makanya akan kita amankan, segera. Perintah Pak Presiden harus dipercepat untuk pengerukannya. Sambil memperbaiki daerah aliran sungai (DAS) yang mengalami sedimentasi dengan melakukan penanaman pohon di sekitarnya. Yang itu kami sinergi dengan kementerian kehutanan,” terangnya.

You must be logged in to post a comment Login