Mengintip Rumah Tradisional Tahan Gempa Ala Suku Nias

Rumah Tradisional Tahan Gempa Omo Hada

Viaberita.com – Siapa sangka dengan segala kesederhanaan dan sikap tradisionalnya, suku Nias di Indonesia memiliki sebuah rumah tradisional yang didesain sebagai rumah tahan gempa. Rumah tradisional tahan gempa ini, oleh masyarakat sekitar dikenal dengan nama Omo Hada. Seperti apa wujud rumah unik ini?

“Nias itu unik, contohnya adalah Omo Hada, rumah adat yang tahan gempa,” Kata Johannes Hammerle, pendiri Museum Pusaka Nias, sebagaimana dilansir oleh detik.com.

Lebih lanjut, pria berdarah Jerman yang telah lebih dari 30 tahun menetap di Nias ini mengungkapkan banyak hal mengenai rumah adat Omo Hada. Ia menilai keunikan rumah tradisional tahan gempa ala suku Nias ini terletak pada letak tiang – tiang penyangga rumah yang dibuat tidak beraturan. Menurutnya hal inilah yang justru menyebabkan Omo Hada menjadi tahan gempa.

“Keunikannya adalah tiang-tiang penyangga rumahnya tidak beraturan arahnya. Ada yang ke atas, ke bawah, ke samping. Itulah yang membuatnya tahan dari gempa,” terangnya.

Seperti kabanyakan rumah adat tradisional lainnya, Omo Hada didominasi oleh kayu. Ruangan di dalamnya terbilang cukup luas yang terdiri dari ruang tamu dan beberapa kamar. Selain itu, rumah tradisional tahan gempa ini juga dilengkapi dengan sebuah lubang pengaturan cahaya di bagian atap yang bisa dibuka-tutup.

Keunikan lainnya, rumah tradisional suku Nias ini tidak dibangun dengan menggunakan paku, melainkan hanya menggunakan pasak – pasak kayu. Namun demikian, rumah adat ini tetap mampu berdiri kokoh dan tahan terhadap gempa.

Keunikan rumah Omo Hada ini, menjadi bukti bahwa Nusantara memang dianugerahi beragam kebudayaan menarik yang hendaknya harus selalu kita jaga dan lestarikan.

You must be logged in to post a comment Login