Waspada Bahaya Rokok! Selain Merusak Paru – paru, Rokok Juga Berbahaya bagi Otak

Viaberita.com – Berbagai studi mengenai bahaya rokok bagi kesehatan telah banyak dilakukan dan dipublikasikan secara internasional. Sebagian besar membahas mengenai bahaya rokok terhadap sistem saluran pernafasan, terutama paru – paru. Namun tahukah Anda selain berbahaya bagi paru – paru ternyata kebiasaan merokok juga dapat berdampak buruk bagi otak?

Salah satu studi terbaru mengenai bahaya rokok menyebutkan bahwa kebiasaan merokok dapat menyebabkan kerusakan pada lapiankorteks otak. Lapisan ini bertanggung jawab terhadap fungsi bahasa, persepsi, serta memori.

Studi ini dilakukan oleh para ilmuan di Edinburgh dan Montreal dengan mengumpulkan data kesehatan dan melakukan pemeriksaan scan MRI terhadap 224 pria dan 260 wanita yang rata – rata berusia 73 tahun. Dimana separuhnya merupakan perokok aktif sedangkan yang lainnya merupakan mantan perokok aktif. Studi mengenai bahaya rokok ini menunjukkan bahwa pada orang yang tidak merokok, lapisan korteks otaknya lebih tebal disbanding dengan lapisan korteks otak pada perokok aktif.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa berhenti merokok mungkin dapat membuat korteks otak memulihkan ketebalannya,” kata peneliti utama studi ini, Prof Ian Deary dari University of Edinburgh, seperti dikutip dari detikHealth, Senin (16/1/2015).

Bambang Setiawan

Nama saya adalah Bambang Setiawan, seorang pekerja dan sekaligus seorang mahasiswa yang berada di perguruan tinggi negeri di Yogyakarta. Saya hobi menulis dan ingin membahagiakan ke dua orang tua.

Kamu pasti juga suka..

Komentari dong gan..