Facebook Hadirkan Fitur Baru Untuk Mengenang Orang Yang Sudah Meninggal

ViaBerita.com – Salah satu situs jejaring sosial terbesar saat ini, Facebook baru-baru inimeluncurkan fitur baru yang diberi nama “Legacy Contact” atau diterjemahkan sebagai kontak warisan. Fitur baru ini memberikan kesempatan pada pengguna untuk mengingat dan merayakan kehidupan orang-orang tercinta yang sudah meninggal.

Fitur terbaru di Facebook ini merupakan hasil riset doktoral Jed Brubaker, kandidat doktor informatika di University of California Irvine. Menurut Brubaker, kematian memainkan peran penting dalam jaringan sosial dan dia telah menghabiskan lima tahun untuk menciptakan fitur teranyar itu.

“Temuan ini telah menjadi kesempatan yang luar biasa untuk mendukung pengembangan produk yang dapat membantu jutaan orang,” kata dia seperti dikutip dari Science Daily, Senin, 16 Februari 2015.

“Legacy Contact” memungkinkan pengguna memutuskan apa yang terjadi pada akun Facebook mereka ketika mereka meninggal. Melalui pengaturan keamanan, mereka dapat menetapkan “Legacy Contact” atau mendelegasikan orang tertentu untuk mengelola akun yang dimilikinya kepada orang lain.

Nantinya penerima warisan “Legacy Contact” dapat mampu mengirim sebuah obituari atau pesan, memperbarui gambar profil dan mengunggah foto, menanggapi permintaan teman baru, dan mengirim ucapan belasungkawa dan kenangan dari teman yang ada. Facebook juga akan menambahkan kata remembering di depan nama akun yang pemiliknya sudah meninggal.

You must be logged in to post a comment Login