Tips Aman Berkendara dari Kepolisian, Yuk Simak!

Jakarta, Viaberita.com – Tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas di Indonesia menjadi masalah serius yang mendapat perhatian banyak kalangan beberapa tahun belakangan ini. Kelalaian dan pelanggaran rambu – rambu lalu lintas masih mendominasi faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di negara kita. Lantas bagaimana tips agar kita aman di perjalanan dan selamat sampai tujuan? Berikut tips aman berkendara dari kepolisian Republik Indonesia.

Demi menekan angka kecelakaan lalu lintas, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Kakorlantas Polri), Inspektur Jendral Polisi Condro Kirono memberikan himbauan kepada masyarakat yang hendak bepergian dengan kendaraan pribadi, baik mobil maupun sepeda motor, agar memperhatikan waktu. Himbauan ini ditujukan agar pengendara tidak tergesa – gesa selama diperjalanan sehingga dapat berkendara dengan tenang, nyaman, dan tetap mematuhi rambu – rambu lalu lintas yang ada.

Condro menambahkan, dengan kondisi lalu lintas di Indonesia yang sulit diprediksi, mengawalkan waktu keberangkatan adalah sesuatu yang bijak. Apalagi pada musim hujan seperti saat ini bisa saja terjadi beberapa hal diluar dugaan yang menghambat perjalanan. Misalnya banjir, longsor dan pohon tumbang yang mengganggu akses lalu lintas.

“Disarankan untuk me-manage waktu. Contohnya tadi pagi, perubahan lalu lintas saat hujan itu beda dengan tidak hujan,” ujar Condro di acara di acara konferensi pers Ford Driving Skills for Life, di Markas Korlantas Polri, Jakarta, Rabu (11/2/2015) lalu.

Berkendara dalam keadaan dikejar waktu tentu dapat menimbulkan kepanikan dan stress, terutama ketika jalanan macet. Hal seperti ini pun dapat menyebabkan pengendara mengendarai kendaraannya dengan tidak terkontrol.

“Akhirnya stres itu mempengaruhi perilaku. Begitu lampu merah, dia bilang lama sekali lampu merah. Akhirnya dia ngomel-ngomel. Nanti begitu hijau dia langsung ngebut. Itu perilaku yang membahayakan,” terangnya.

“Kita harus taat aturan dan tidak menimbulkan pelanggaran lalu lintas baik diri sendiri maupun orang lain. Tetap kita harus bisa me-manage waktu. Kalau selama ini kita berangkat pada waktu tertentu, harus jauh dari sebelumnya,” imbuhnya membeberkan tips aman berkendara di jalan.

Selain memperhatikan waktu keberangkatan, tips aman berkendara lain yang perlu Anda perhatikan adalah selalu gunakan perlengkapan keamanan standar. Ingatlah kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Teruslah waspada dan taati setiap rambu – rambu lalu lintas yang ada.

Bambang Setiawan

Nama saya adalah Bambang Setiawan, seorang pekerja dan sekaligus seorang mahasiswa yang berada di perguruan tinggi negeri di Yogyakarta. Saya hobi menulis dan ingin membahagiakan ke dua orang tua.

Kamu pasti juga suka..

Komentari dong gan..