Begini Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Viaberita.com, Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa – Salah satu masalah yang sering kali muncul ketika seseorang tengah menjalankan ibadah puasa adalah bau mulut yang tidak sedap. Yap meskipun terdengar sepele, masalah bau mulut bisa jadi membuat seseorang kurang percaya diri atau bahkan menjadi minder ketika berbincang – bincang dengan orang lain.

Berbicara mengenai masalah ini, beberapa pertanyaan klasik yang mungkin sering dilontarkan oleh kebanyakan orang, apakah masalah ini bisa diatasi? Bagaimana cara mengatasi bau mulut saat berpuasa? Dan berbagai pertanyaan sejenis lainnya.

Masalah bau mulut saat berpuasa sebenarnya sangat bisa diatasi. Hanya saja banyak orang mungkin belum tahu bagaimana cara melakukannya. Berikut cara mengatasi bau mulut saat berpuasa versi Viaberita.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

  1. Konsumsi minimal 8 gelas air putih ketika malam hari, termasuk saat sahur dan berbuka puasa. Menurut penelitian air putih mampu meningkatkan produksi saliva yang akan menjaga kebersihan mulut. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah bau mulut.
  2. Menggosok gigi dan lidah dengan baik dan sempurna. Ketika seseorang secara teratur menggosok gigi dan lidahnya dengan cara yang benar, berarti ia telah membersihkan sisa – sisa makanan di mulut yang berpotensi menyebabkan bau mulut tidak sedap.
  3. Minum teh hijau tawar sehabis makan, termasuk setelah sahur. Teh hijau tawar atau tanpa gula memiliki zat polyphenol yang mampu membasmi bakteri penyebab bau mulut pada rongga mulut dan saluran pernafasan.
  4. Hilangkan kebiasaan merokok. Merokok ketika buka puasa dan sahur merupakan salah satu penyebab utama masalah bau mulut tidak sedap saat berpuasa disiang hari. Oleh sebab itu menghindari kebiasaan merokok merupakan salah satu cara mengatasi bau mulut saat berpuasa.
  5. Gunakan obat kumur. Selain menggosok gigi dan lidah, obat kumur atau mouthwash dapat Anda gunakan untuk memastikan mulut Anda benar – benar bersih dari sisa makanan maupun bakteri penyebab bau mulut.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi bau mulut saat berpuasa. Semoga bermanfaat.

Muhammad Kamal

Menulis adalah cara terbaik untuk belajar

Kamu pasti juga suka..

Komentari dong gan..