Satoru Iwata, Bapak Gamers Dunia Meninggal Dunia

Satoru Iwata, Bapak Gamers Dunia Meninggal Dunia

Viaberita.com – Satoru Iwata yang merupakan salah satu bapak gamers Dunia meninggal dunia (sabtu, 11/07/2015). Satoru Iwata adalah Presiden dan direktur utama Nintendo sejak 2002.  Dia adalah satu-satunya presiden Nintendo di luar keluarga Yamauchi. Satoru Iwata meninggal di usianya yang ke-55 karena tumor saluran empedu.

“Nintendo dengan sangat menyesal mengumumkan bahwa Presiden Satoru Iwata meninggal dunia pada 11 Juli 2015 karena penyakit empedu,” tulis Nintendo dalam pernyataan singkatnya hari Senin, 13 Juli.

Dikutip dari BBC, Senin (13/7/2015), Iwata sempat menjalani operasi tahun lalu dan kembali bekerja setelah pemulihan dari operasi.

Iwata diketahui bergabung dengan perusahaan game asal Jepang itu pada tahun 2000 dan menggantikan CEO sebelumnya, Hiroshi Yamauchi pada 2002.

Iwata dikenal sebagai figur yang mampu mengembalikan kesuksesan Nintendo, utamanya di ranah mobile gaming. Di bawah kepemimpinannya, Iwata meluncurkan konsol Wii yang sukses di pasaran, serta Nintendo DS untuk gaming mobile.

Di tahun 2014 lalu, Iwata beserta pucuk-pucuk pimpinan Nintendo lainnya juga sempat merelakan gajinya dipangkas akibat penjualan konsol Nintendo yang tidak memenuhi target.

Iwata juga membawa Nintendo kembali menangguk untung setelah merugi selama empat tahun. Di tahun fiskal 2014 lalu Nintendo mengumumkan laba usahanya sebanyak 208 juta dollar atau setara Rp 2,7 triliun.

Angka tersebut menunjukkan pertumbuhan pesat setelah tahun sebelumnya Nintendo merugi 390 juta dollar AS atau setara Rp 5,1 triliun. Secara keseluruhan, laba bersih perusahaan tahun ini 350 juta dollar AS atau Rp 4,5 triliun.

Selain tugas eksekutifnya, Iwata juga sangat dikenal di kalangan pecinta Nintendo karena sering muncul di saluran Nintendo Direct milik perusahaan, dengan acara “Iwata Asks” yang menampilkan wawancaranya dengan para pengembang game.

Satoru Iwata ini memang banyak dikenal oleh para gamers, karena dia bukan sekedar sosok yang memposisikan diri sebagai pemimpin perusahaan games saja, dia kerap mengatakan bahwa dirinya sendiri adalah seorang gamers. Salah satu pernyataannya yang paling dikenang adalah saat konferensi pengembang games pada 2005. Ia mengatakan :

“Di kartu nama, saya adalah presiden perusahaan. Di dalam pikiran, saya adalah seorang game developer. Tapi di dalam hati, saya adalah seorang gamer.”

You must be logged in to post a comment Login