Polisi Larang Konvoi di Malam Takbiran

Polisi Larang Konvoi di Malam Takbiran

Viaberita.com – Malam Takbiran identik dengan konvoi dan parade takbir di jalan-jalan. Namun, Kepala Kepolisian Resort Kota Medan (Kapolresta Medan) melarang masyarakat untuk mengadakan konvoi di malam takbiran di sepanjang jalan kota Medan.

“Masyarakat diimbau untuk tidak berkonvoi saat merayakan malam takbiran karena berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas),” ujar Mardiaz,‎ Rabu (15/7/2015).

Menurutnya, dengan melakukan konvoi apalagi mengendarai sepeda motor tanpa helm, potensi laka lantas sangat besar. Bahkan jika terjadi kecelakaan, bisa berakibat fatal.

Demikian pula jika konvoi menggunakan mobil bak terbuka juga bisa berakibat membahayakan jiwa penumpang.”Itu membahayakan jiwa, sebab penumpangnya bisa terjatuh. Selain itu, konvoi berpeluang besar‎ mengakibatkan kemacetan panjang,” bilangnya.

Mantan Wadir Reskrimsus Polda Sumut ini menganjurkan, lebih baik masyarakat merayakan malam takbiran di masjid lingkungan masing-masing. Selain memakmurkan masjid, juga meningkatkan silaturahim.

Selain di Medan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian, juga menghimbau para warga Ibu Kota Provinsi Jakarta untuk tidak melaksanakan konvoi kendaraan saat takbiran di malam Lebaran. Hal ini diingatkan Tito untuk menghindari terjadinya tawuran seperti saat Sahur On the Road.

“Berdasarkan kejadian-kejadian seperti ini maka kami imbau kegiatan takbir dilakukan tidak mobile, tidak dilaksanakan di jalan,” kata Irjen Tito di Mapolda Metro Jaya, Rabu (15/7).

“Kami mendukung takbiran di malam yang suci merayakan kemenangan setelah berjuang di Bulan Ramadan,” tambah Tito.

Ia pun menganjurkan takbiran di gelar secara tertib dan khusyuk di tempat-tempat yang lebih tepat, bukan di jalanan.

You must be logged in to post a comment Login