Luar Biasa, Diam-diam Ternyata Indonesia Desain Kapal Induk KRI Induk Nusantara

Kapal Induk KRI Nusantara

Viaberita.com – Kapal Induk merupakan salah satu komponen alat pertahanan negara yang paling penting. Keberadaan kapal induk di suatu negara dapat semakin memperkuat kekuatan militer di negara tersebut. Tak terkecuali di Indonesia. Nampaknya, sebentar lagi Indonesia akan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang mempunyai kapal induk yang pastinya akan semakin memperkuat kemampuan Militer Indonesia.

Kapal Republik Indonesia Induk Nusantara.

Dalam rancangannya, kapal induk ini nantinya akan di lengkapi dengan mesin/turbin uap bertenaga nuklir. Tenaga nuklir ini diperoleh dari reaktor nuklir yang berada pada kapal tersebut yang dihubungkan dengan turbin uap. Tenaga uap ini nantinya juga digunakan sebagai sumber tenaga listrik serta pengatur tekanan pada catapult kapal induk untuk meluncurkan pesawat.

Kapal induk sejenis (bertenaga nuklir) juga sudah digunakan pada armada Amerika Serikat. Dengan kode CVN (Carrier Vessel Nuclear), misalnya USS Ronald Reagan, USS Kitty Hawk, USS Enterprise, dsb.

Sebuah kapal induk kelas ini dapat mengangkut lebih dari 100 pesawat, 8000 tentara, dan lebih dari 9000 buah bom. Sebuah kapal induk dengan 70 pesawat militer dapat mengirimkan lebih dari 250 serangan sehari terhadap target di daerah pesisir, atau lebih jauh.

Type : Giant Double Deck- Nuclear Aircraft Carrier

Displacement : 400.000 Tons
Length : 600 m
Propulsion:
6 × Mini Nuclear Reactors
12 × Steam turbines
(800 MW)
Speed: 60+ knots

Dengan adanya pemusatan populasi di daerah dekat lautan, keberadaan AL dapat mempengaruhi peristiwa dunia. Serangan dari laut merupakan salah satu hal vital dalam strategi militer. AL dapat menyediakan sarana bagi angkatan lain untuk melakukan penyerangan lanjutan, seperti ”tempat tinggal” yang aman bagi tentara, pelabuhan dan lapangan terbang di lautan.

Hal ini dapat dipenuhi dengan adanya kapal induk. Sebuah kapal induk kelas ini dapat mengangkut lebih dari 100 pesawat dan 8.000 tentara. Sebuah kapal induk dengan 70 pesawat militer dapat mengirimkan lebih dari 250 serangan sehari terhadap target di daerah pesisir.

Akan tetapi, target dengan jarak yang relatif jauh masih dapat diserang, bukan hanya di daerah pesisir. Sebuah kapal induk biasanya membawa stok bom lebih dari 9.000 buah.

Dibutuhkan kemauan yang kuat untuk bisa mewujudkan impian besar itu. Mengingat ini merupakan rencana besar yang tidak bisa diwujudkan dalam waktu yang singkat. Dan seandainya ini benar-benar terjadi, maka kejayaan Indonesia di bidang maritim akan kembali diraih.

Salam Indonesia Raya…

You must be logged in to post a comment Login