Ini Dia FAKTA Kehebatan Pesawat R80 Dibanding N250 Besutan BJ Habibie

Ini Dia FAKTA Kehebatan Pesawat R80 Dibanding N250 Besutan BJ Habibie

Viaberita.comBJ Habibie yang merupakan mantan Presiden Indonesia ke-3 yang pada sekarang sudah berusia senja yakni usia beliau adalah 78 tahun. Namun di usia senjanya ia tetap berusaha membuat sebuah inovasi-inovasi baru di dunia dirgantara atau pesawat, sehingga Indonesia akan semakin di kenal. Salah satunya adalah Pesawat R80 yang ia konsep dan di buat.

Sosok BJ Habibie yang menjadi menteri riset dan teknologi waktu itu tahun sekitar 1978 hingga 1998 pada kabinet pembangunan 3 hingga 4 berencana membuat suksesor pesawat N250 produksi IPTN yang sekarang bernama PT Dirgantara Indonesia yang pernah berjaya saat lahir pada tahun 1995.

Pada pesawat kali ini diberi nama Regio Prop 80 atau R80. Dia mengklaim bahwa pesawat ini memiliki teknologi yang diadopsi lebih efisiens dan canggih, lebih baik dari segi desain dan mesin yang di gunakannya.

Pesawat R80 ini dikembangkan oleh PT Ragio Aviasi Industri (RAI) yang merupakan perusahaan perancang pesawat terbang konversil miliki Habibie.

BJ Habibie pernah mengatakan,” Penerbangan itu sangat penting. Kita membutuhkan pesawat terang N250 yang pernah berjaya di masanya.”

Nah apa saja fakta dari kehebatan pesawat R80 besutan dari BJ Habibie yang di klaim sebagai pesawat dengan teknologi canggih ini? simak di bawah ini uraiannya :

1. Kapasitas lebih besar.
R80 ini merupakan pesawat penerus dari N250. Proyek N250 yang pernah di berhentikan oleh International Monetary Fund (IMF) waktu itu karena krisis ekonomi yang terjadi di tahun 1998.

R80 ini memiliki body yang lebih besar, dengan demikian maka sudah pasti daya tampung pesawat ini lebih banyak dibandingkan N250. Karena N250 hanya bisa menampung 50-60 kursi, namun di R80 bisa 80-90 kursi. Pada tahun 2018 nanti pesawat ini sudah siap diproduksi dan didaftarkan sertifikat untuk layak terbang.

2. Lebih Efisien dari Airbus dan Boeing
Selain keunggulan nomer satu, R80 ini lebih ekonomis, baik murah dalam segi harga, biaya pemeliharaan dan juga irit dalam bahan bakar yang merupakan pesawat baling-baling(turbobrop).

Pesawat ini juga dapat dikendalikan secara elektronik atau dikenal istilah fly by wire. R80 memiliki perbandingan antara angin yang dingin dihasilkan dari udara di body pesawat dengan angin yang dikeluarkan pada engine di belakang pesawat lebih tinggi (Bypass ratio).

“Saya menyampaikan bahwa Airbus atau Boeing itu bypass rationya 12, makin tinggi bypass ratio makin sedikit konsumsi bahan bakar dan lebih cepat, ini (R80) bypass rationya 40, kami perhitungkan pesawat terbang ini sasarannya lebih sedkit 30 persen (penggunaan bahan bakar),” kata Habibie

Baling-baling yang terdapat di sayap tersebut merupakan teknologi terbaru, karena dapat menentukan antara angin dingin dan panas yang dihasilkan oleh mesin. Dengan teknolgi pesawat ini dapat melaju dengan kecepatan tinggi.

Pesawat ini di desain untuk rute pendek yakn jarak tempuhnya kurang dari 600 km dan mampu diakomodasi oleh bandara dengan landasan pendek dan sangat cocok untuk negara kepulauan seperti Indonesia.

3. Pesawat Moden dan asli buatan anak bangsa Indonesia
Pesawat R80 ini sepenuhnya di kembangkan oleh anak bangsa Indonesia yang desainnya dikerjakan oleh 50 ahli, termasuk dari PT Dirgantara Indonesia.

Dengan demikian, diharapkan kelahiran R80 ini bisa mengangkat pamor dirgantara Nusantara yang telah tenggelam selama 17 tahun lamanya.

4. Terbang perdana di bandara baru Majalengka
Kabarnya akan di terbangkan secara perdana dan sekaligus menjajalnya di bandara baru Majalengka pada tahun 2018 tepatnya di bulan Agustus. Kemungkinan besar di Bandara Kertajati Majalengka, Jawa Barat.

5. Sudah ada peminat di pasaran
Terdapat kurang lebih 3 maskapai penerbangan yang sudah menandatangani LOI (Letter of Intent) pembelian pesawat R80.

Ketiga maskapai tersebut diantaranya Nam Air(Group Sriwijaya) dan Kalstar Aviation.

Hingga kini harga pesawat R80 belum dipastikan oleh BJ Habibie.

Namun demikian kita sebagai warga Indonesia harus selayaknya patut bangga dan mendukung proyek pesawat R80 ini. Dengan harapan benar terlaksana dengan baik dan menaikkan pamor bangsa Indonesia di mata dirgantara dunia .

You must be logged in to post a comment Login