Begini Cara Mengatasi Galau dengan Terapi Warna

Cara Mengatasi Galau

Viaberita.com – Tak ada yang menyangkal bahwa perasaan galau bisa melanda siapa saja, dimana dan kapanpun berada. Baik anak – anak, remaja, atau bahkan orang yang sudah dewasa sekalipun. Perasaan galau sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti urusan finansial, pendidikan, pekerjaan, dan percintaan.

Perasaan galau yang seringkali merusak mood seseorang ini tentunya tak boleh lama – lama dibiarkan dan membuat suasana hati tidak nyaman. Dengan kata lain, seseorang hendaknya tadak berlarut – larut dalam perasaan yang tak mengenakkan ini.

Lantas bagaimana sebenarnya cara mengatasi galau agar tidak berlarut – larut? Ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan berkonsultasi kepada psikolog, curhat dengan keluarga atau pun teman, dan masih banyak lagi cara – cara lain yang bisa dicoba. Bahkan belakangan ini muncul trend menarik dalam mengatasi perasaan galau, yaitu dengan terapi warna. Seperti apa?

Menurut psikolog Rosdiana Setyaningrum sebagaimana di kutip dari detik.com (22/7/2015), terapi warna merupakan bagian dari Art Therapy, yaitu suatu kondisi atau keadaan dimana kondisi psikologis seseorang dapat dilihat dari warna yang digunakannya untuk menggambar.

“Misalnya kita lagi sedih, marah, atau dalam situasi netral. Itu pasti pemilihan warnanya berbeda-beda,” terang Diana di Senayan City, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Ketika tengah dilanda perasaan galau, Diana menyarankan untuk menggunakan busana bernuansa cerah. Misalnya warna kuning, oranye, hijau, dan warna – warna cerah lainnya. Menurutnya pemilihan warna yang tepat dapat membuat suasana hati lebih nyaman sekaligus dapat meningkatkan rasa percaya diri.

“Atau bisa juga pola pikir kita yang di balik. Dengan pakai baju warna cerah, penampilan kita lebih oke. Orang-orang melihatnya pun juga senang,” lanjutnya.

Selain dengan memilih busana berwarna cerah, cara lain untuk mengatasi galau adalah dengan berdandan. Hal ini tentunya lebih ditujukan kepada kaum wanita. Menurut Diana, sekalipun kondisi hati sedang tak bagus, penampilan harus tetap dijaga dan tidak boleh asal – asalan.

“Jangan sampai kalau kita sedang nggak mood dan galau, terus kita dandan asal-asalan. Itu membuat kita semakin galau. Jadi wanita gampang kok, kalau lagi galau coba deh dandan, otomatis mood-nya balik lagi,” imbuhnya.

You must be logged in to post a comment Login