Secara Bertahap BBM Jenis Premium akan Dihapus

BBM jenis Premium

Viaberita.com – Pemerintah Indonesia secara bertahap akan menghapus bahan bakar minyak (BBM) jenis premium atau bahan bakar dengan RON 88 dari peredaran. Hal ini disampaikan oleh Sofyan Djalil selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Rencana penghapusan BBM jenis premium ini dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa alasan, salah satunya terkait dengan lingkungan hidup. Sofyan mengatakan penghapusan BBM jenis premium ini akan segera dilakukan apabila kilang pemurnian minyak di Indonesia sudah mampu memproduksi BBM dengan RON yang lebih tinggi.

“Ya, berangsur-angsur RON 88 akan dihapus karena itu tidak bagus bagi lingkungan, bagi mobil. Kalau bisa standarnya makin hari makin ditingkatkan,” ujar Sofyan Djalil di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Jumat (24/7/2015) sebagaimana dilansir kompas.com.

“Karena refinary (kilang minyak) kita belum siap, maka terpaksa RON 88 masih tetap dipertahankan, tetapi kalau dua sampai tiga tahun ke depan refinary sudah bagus, tidak perlu lagi RON 88. Paling sedikit mungkin RON 92 nanti, karena RON 90 pun masih di-mix,” imbuhnya.

Seiring dengan rencana penghapusan BBM jenis premium ini, Sofyan yakin bahwa masyarakat saat ini cukup cerdas dalam merawat kendaraan pribadinya agar lebih aweet. Maka dari itu ia meyakini bahwa sebagian besar masyarakat akan beralih ke BBM jenis pertalite dengan RON 90 yang merupakan produk baru Pertamina.

“Pertalite kan bagus, memberikan banyak opsi kepada konsumen dan masyarakat sekarang bisa milih mau beli yang RON 92, 95, 90, atau 88, dan saya pikir masyarakat cukup cerdas kalau ingin mobilnya lebih tahan, lebih awet, tidak banyak merusak lingkungan belilah yang oktannya lebih tinggi,” kata dia.

You must be logged in to post a comment Login