Presiden Turki Erdogan Berkunjung ke Indonesia, Ini Isu yang Akan Dibahas Bersama Presiden Jokowi

Presiden Turki Erdogan Berkunjung ke Indonesia, Ini Isu yang Akan Dibahas Bersama Presiden Jokowi

Viaberita.com – Presiden Turki, Recep Tayyib Erdogan dijadwalkan tiba hari ini di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta pukul 15.30 WIB.

Dikutip dari kantor berita Turki, Anadolu, yang dilansir viva.co.id, Kamis (30/7/2015) begitu tiba, Presiden Erdogan akan langsung bertemu Presiden Joko Widodo. Kemudian, selama berada di Jakarta, akan mengikuti Forum Bisnis Turki dan Indonesia.

Berdasarkan pernyataan resmi yang diterima dari Kementerian Luar Negeri Indonesia, kunjungan Erdogan ini merupakan kunjungannya yang keempat ke Indonesia dan pertama dalam kapasitas sebagai Presiden Turki. Kunjungan sebelumnya dilakukan dalam kapasitas sebagai Perdana Menteri Turki. Namun, Erdogan kini kembali ke Indonesia dengan tujuan membahas kerjasama kedua negara di berbagai bidang khususnya kerjasama ekonomi.

Isu-isu ekonomi, industri strategis, dan kerjasama sosial budaya adalah fokus kunjungan Presiden Erdogan. Volume perdagangan Indonesia-Turki, menurut Arrmanatha, kini mencapai hampir $2,5 miliar.

Indonesia selama ini mengekspor karet alam dan sintetis serta sandal dan sepatu ke Turki, sementara Turki mengirimkan ekspor terigu ke Indonesia. Surplus perdagangan Indonesia dari perdagangan Turki mencapai $415 juta.

Di bidang perdagangan, Turki adalah negara mitra dagang Indonesia ketujuh di kawasan Eropa dengan total perdagangan tahun 2014 mencapai 2,47 miliar dollar AS dengan surplus bagi Indonesia senilai 415 Juta dollar AS. Ekspor utama Indonesia ke Turki adalah karet alam, serat sintetis, minyak sawit dan tekstil.

Sementara di bidang investasi, total nilai investasi Turki di Indonesia pada tahun 2014 mencapai 64,1 Juta dollar AS dalam 29 proyek, meningkat signfifikan dari 11,7 Juta di tahun 2013 di 22 proyek.

Di bidang pariwisata, pada tahun 2014 sebanyak 6 ribu wisatawan Turki berkunjung ke Indonesia. Selain persoalan ekonomi, Erdogan dan Jokowi juga akan membahas seputar kerja sama di bidang pendidikan dan industri pertahanan.

Isu-isu global pun akan menjadi materi diskusi antara dua tokoh itu yakni mulai dari pemberantasan terorisme, situasi Timur Tengah, hingga penanganan imigran. Dalam kunjungannya ke Indonesia, Presiden Turki juga dijadwalkan memberikan kuliah umum di Lembaga Ketahanan Nasional, serta melakukan tur ke Masjid Istiqlal dan Museum Nasional.

You must be logged in to post a comment Login