Ratusan Warga Ikut Bantu Padamkan Lereng Merbabu

Viaberita.com – Kebakaran yang terjadi di lereng merbabu malam tadi belum di ketahui penyebabnya. Namun warga dan Tim kordinator perlindungan balai taman nasional gunung merbabu tetap melakukan pemadaman secara manual dengan menggunakan parang dan sabit untuk menghalau agar api tidak menyebar.

Menurut kordinator perlindungan balai taman nasional gunung merbabu kurnia adi wirawan atau yang biasa di sapa wawan, “kami nggak tau luasan kebakaran ini, jarak pandang masih sangat terbatas” ujar wawan.

Pemadaman sudah dilakukan dengan menggunakan air, namun karena titik api berada di ketinggian mendekati puncak menjadikan api sulit di padamkan. Terlebih banyak api merembet di sisi tebing-tebing gunung sehongga menyulitkan tim untuk melakukan pemadaman.

Seperti yang dilansir Tempo.co, mulai shubuh tadi warga sudah bersiap dengan membawa parang dan sambit untuk bergerak bersama tim melakukan pemadaman dengan mengepung titik api agar kebakaran tidak meluas.

Langkah yang dilakukan Tim untuk memadamkan api yakni bergerak ke enam titik jalur persebaran api . Mulai dari dusun samping, dusun malang, dusun genting, dusun sobleman, chuntel dan thekelan.

Pihak merbabu juga menyatakan sejak kamis, 20 agustus 2015. Empat rute jalur pendakian merbabu di tutup sementara demi keamanan.

You must be logged in to post a comment Login