Hari Ini, PLTU Terbesar SeAsia Tenggara Akan Diresmikan Presiden Jokowi di Batang

Hari Ini, PLTU Terbesar SeAsia Tenggara Akan Diresmikan Presiden Jokowi di Batang

Viaberita.com – Presiden Jokowi. Setelah mangkrak hampir 4 tahun. Pembangunan Mega Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU Batang) akhirnya dilanjutkan kembali. PLTU yang berkapasitas 2×1000 MW ini merupakan PLTU terbesar seAsia Tenggara.  Peresmian awal pembangunan PLTU rencananya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Tengah Teguh Dwi Paryono menyatakan rencananya groundbreaking (Penggalian pondasi bangunan sebagai tahap dimulainya sebuah proyek properti) PLTU akan dilakukan pada Jum’at ini, 28 Agustus 2015. “Rencananya, groundbreaking akan dilakukan Presiden Joko Widodo,” kata Teguh.

Rencananya, Presiden Jokowi akan didampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Hadir pula Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir.

Baca Juga : Kemenag Luncurkan Akun Twitter @bimbadmkh2015 untuk Panduan Pelaksanaan Ibadah Haji

Acara hari ini penting sebagai penanda dimulainya megaproyek yang mangkrak sejak 4 tahun lalu tersebut.

PLTU ini dibangun dan dikelola oleh PT Bimasena Power Indonesia, yang merupakan perusahaan patungan dari konsorsium J-Power, Itochu, dan‎ Adaro.

Kebutuhan dana investasi untuk membangun PLTU ini diperkirakan mencapai US$ 4 miliar, atau Rp 56 triliun. PLTU berdiri di atas lahan seluas 226 hektar di 3 desa, yakni Ujungnegoro, Karanggeneng, dan Ponowareng.

Sebelumnya megaproyek ini sempat tertunda pembangunannya akibat proses pembebasan lahan yang tak kunjung usai. Hingga Maret 2015 tercatat, dari 226 hektar lahan yang dibutuhkan, sekitar 12,5 hektar atau 5% belum bisa dibebaskan.

Meski lahan yang terbebas sudah mencapai 95%, sayangnya proses pembangunan belum bisa dimulai. Karena, lokasi tanah yang belum dibebaskan adalah lokasi penting yang nantinya akan menjadi lokasi berdirinya bangunan utama PLTU ini.

 

You must be logged in to post a comment Login