Waduk Jatigede Mulai Digenangi, 800 KK Kosongkan Rumah

Viaberita.com – Desa Cipaku adalah salah satu desa yang mendapat imbas dari pembangunan waduk terbesar nomer 2 di indonesia ini. Waduk Jatigede resmi beroperasi hari ini dan penggenangan mulai dilakukan.

Waduk Jatigede yang terletak di sumedang ini mempunyai kapasitas tampungan sebesar 979,5 jyta m3. Rencananya untuk 12 hari kedepan waduk akan di isi air sampai elevasi 204 meter untuk tahap pertama.

Untuk tahap kedua dari 204 – 221 meter akan dilakukan selama 48 hari. Tahap penggenangan awal ini akan menenggelamkan rumah rumah warga desa Cipaku, Darmaraja dalam 55 hari kedepan.

Proses penggenangan waduk ini akan berlansung selama sekitar 50 hari menurut prediksi satker pembangunan Waduk Jatigede, Airlangga Mardjono senin (31/8).

Pada minggu-minggu ini memang warga desa Cipaku sudah mulai mengkosongkan mereka, karena dalam 55 hari mendatang desa tersebut sudah tenggelam. Evakuasi warga Cipaku berlangsung 20 hari dengan di bantu oleh Polsek Darmaraja, Sumedang.

Tercatat warga yang di evakuasi sebanyak 800 kepala keluarga dari keseluruhan korban yang terkena dampak penggenangan Waduk Jatigede. Sudah ada dua daerah yang disiapkan sebagai tempat relokasi berupa rumah untuk warga Cipaku yaitu di desa conggeng kulon kecamatan conggeang dan di desa Sakuraja Kecamatan Ujung Jaya.

You must be logged in to post a comment Login