Hanya Harga BBM Solar yang Turun, Premium Tetap Rp 8.300

Hanya Harga BBM Solar yang Turun, Premium Tetap Rp 8.300

Jakarta, Viaberita.com – Pemerintah baru saja merilis paket kebijakan Jilid III. Isi dalam paket tersebut adalah adanya perubahan pada harga BBM atau Bahan Bakar Mentah. Kebijakan ini untuk periode awal Oktober. Fokus paket kebijakan kali ini adalah untuk memperbaiki dan mempermudah iklim usaha, serta memperjelas pengurusan perizinan dan syarat ber-usaha di Indonesia.

Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian, Darmin Nasution menjelaskan mengenai apa yang ada di dalam paket ini. Terdapat dua poin besar  yang perlu di ketahui yaitu mengenai penurunan tarif dan atau harga. Kedua, penyederhanaan izin pertanahan, bidang pertanahan untuk kegiatan penanaman modal.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said menuturkan, perubahan harga hanya terjadi pada BBM jenis solar. Sedangkan BBM jenis Premium masih tetap sama.

“Untuk kelompok pertama harga BBM, harga avtur, elpiji 12 kilogram, pertamax dan pertalite efektif turun sejak 2015. Angkanya dijelaskan Pak Sudirman (Menteri ESDM Sudirman Said). Harga premium tetap,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Perubahan harga BBM solar mengalami penurunan sebesar Rp 200. Sebelumnya, harga solar Rp 6.900 kini menjadi Rp 6.700. BBM Premium masih tetap di angka Rp 7.400.

“Harga Pertalite meskipun masih promo turun Rp 100 menjadi Rp 8.300,” jelas Sudirman Said di Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Sementara, untuk harga gas industri akan ditetapkan sesuai kemampuan daya beli industri. Namun, kebijakan ini baru akan berlaku efektif 1 Januari 2016.

You must be logged in to post a comment Login