Naik 8%, Penguatan Rupiah Paling Signifikan Di Kawasan Asia Pekan Ini

rupiah menguat 8%

Viaberita.com – Mata uang Rupiah mengalami penguatan yang cukup signifikan dalam sepekan ini. Penguatan mata uang Garuda terhadap Dollar Amerika mencapai 8% pekan ini dan menjadi yang paling signifikan diantara negara – negara lain di kawasan Asia.

Rata – rata penguatan mata uang negara di kawasan Asia terhadap Dollar Amerika hanya berada pada kisaran 3%. Namun mata uang Rupiah mampu menguat hingga mencapai angka 8%.

“Rata-rata return nya memang sudah cukup tinggi. Sepekan sudah naik sekitar 8%. Penguatan rupiah ini cukup sinifikan, kita tertinggi dibanding negara-negara Asia, mereka paling 3%, kita bisa di atas 5%,” kata Analis OSO Securities, Supriyadi sebagaimana dikutip dari DetikFinance, Sabtu (10/10/2015).

Beliau memaparkan bahwa menguatnya rupiah secara signifikan ini ada kaitannya dengan sentimen positif dari isu global terkait Bank Sentral AS. Bank Sentral AS, The Federal Reserve (the Fed) diprediksi oleh para investor dunia tidak akan menaikkan tingkat suku bunganya. Hal ini diyakini akan bertahan hingga setidaknya akhir tahun nanti. Suku bunga diperkirakan baru akan naik pada bulan Maret tahun 2016 mendatang.

Selain itu, sentimen positif dari dalam negeri diyakini juga memiliki andil dalam menguatnya rupiah pekan ini. Paket kebijakan ekonomi pemerintah Jilid III mendapat apresiasi dan dukungan dari para pelaku pasar, baik domestik maupun mancanegara.

“Ada sentimen positif dari dalam negeri dan luar negeri. Suku bunga AS tidak akan naik tahun ini. Perkiraannya sih Maret tahu depan. Paket kebijakan pemerintah juga diapresiasi investor,” papar Supriyadi.

Tidak hanya mata uang Indonesia yang mengalami penguatan, pekan ini hampir seluruh mata uang di kawasan Asia mengalami penguatan terhadap Dollar AS. Sebagaimana dikutip dari data perdagangan Reuters, Jumat (9/10/2015), awal pekan ini dolar AS masih berada di level Rp 14.457. Sementara itu, akhir pekan ini sempat melemah hingga mencapai level terendahnya di angka Rp 13.290 atau sekitar 8,1%.

You must be logged in to post a comment Login