Timnas Wales Catat Rekor Lolos Ke Putaran Final Piala Eropa Untuk Pertama Kalinya

Timnas Wales Catat Rekor Lolos Ke Putaran Final Piala Eropa Untuk Pertama Kalinya

Viaberita.com – Tim nasional Sepakbola Wales untuk pertama kalinya lolos ke putaran final Euro meskipun pada laga tandangnya ke Bosnia Herzegovina, Sabtu waktu setempat, mereka kalah 2-0.

Meski menelan kekalahan pertama di Grup B, Wales memastikan lolos ke putaran final Euro 2016 karena pesaing utamanya dalam klasemen, Israel, kalah 1-2 dari Siprus. Kekalahan Israel tersebut memastikan Wales tak mungkin tergusur dari minimal peringkat 2 klasemen.

Baca JugaBerikut 12 Negara yang Memastikan Diri Lolos Ke Putaran Final Piala Eropa 2016

Tuan rumah Bosnia Herzegovina mencetak dua gol ke gawang Wales melalui Milan Djuric dan Vedad Ibisevic pada 20 menit terakhir babak kedua untuk mengamankan kemenangan.

Walaupun menderita kekalahan, Gareth Bale justru berpendapat bahwa ini merupakan kekalahan terbaik di dalam karirnya. “Ini mungkin menjadi kekalahan terbaik dalam hidup saya. Tadi pertandingan berjalan sulit tapi akhirnya kami tetap lolos,” ujar Bale seperti dikutip Sky Sports.

“Kami berada di peringkat atas selama karir saya, itu adalah sesuatu yang ingin saya lakukan dan setiap pemuda pasti bermimpi untuk berlaga di sebuah turnamen besar. Sekarang, saatnya kami pergi dan melakukan sesuatu di Prancis,” lanjutnya.

The Dragons tak cuma mencetak sejarah akan tampil pertama kalinya di ajang empat tahunan tersebut. Mereka juga untuk pertama kali setelah 57 tahun, berparitisipasi di turnamen mayor. Terakhir kali mereka terlibat adalah pada Piala Dunia 1958 di Swedia.

Gareth Bale, pelatih Chris Coleman, para pemain Wales serta seluruh rakyat Wales pun bersuka cita menyambut lolosnya Timnas Wales ke Euro 2016 itu.

You must be logged in to post a comment Login