Berikut 12 Negara yang Memastikan Diri Lolos Ke Putaran Final Piala Eropa 2016

Berikut 12 Negara yang Memastikan Diri Lolos Ke Putaran Final Piala Eropa 2016

Viaberita.com – Sebanyak 12 Negara sudah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 di Prancis. Dini hari tadi ada 3 tim yang menyusul 9 tim lainnya yang sudah terlebih dahulu memastikan tiket ke Euro 2016.

Italia lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 diiringi dengan catatan mentereng. Mengalahkan Azerbaijan 3-1 di Grup H, Azzurri mengamankan 49 pertandingan beruntun di fase kualifikasi tanpa sekalipun menelan kekalahan.

Selain Italia, dua negara di Grup B, ada Wales dan Belgia juga memastikan diri bermain di Prancis. Khusus Wales, kepastian skuat Chris Coleman meraih tiket putaran final cukup unik. Sebab Gareth Bale dkk kalah dari Bosnia 2-0, namun kekalahan Israel atas Siprus membuat poin mereka tak terkejar meski menyisakan satu laga lagi. (BacaTimnas Wales Catat Rekor Lolos Ke Putaran Final Piala Eropa Untuk Pertama Kalinya)

Timnas Spanyol juga memastikan tiket otomatis putran final Piala Eropa 2016 seusai menaklukkan Luksemburg 4-0 di Stadion Nuevo Municipal Las Gaunas, Logrono, Sabtu (10/10/2015). Spanyol lolos ke Prancis dengan status juara Grup C. Sementara di hari yang sama, Swiss juga melenggang ke Prancis setelah melumat San Marino 7-0 di AFG Arena, St. Gallen.

Tujuh gol Swiss masing-masing dicetak Michael Lang menit ke-17, Gokhan Inler (55 penalti), Admir Mehmedi (65), Johan Djourou (72 penalti), Pajtim Kasami (75), Breel Embolo (80 penalti), dan Eren Derdiyok (89). Hasil itu menempatkan Swiss di peringkat 2 klasemen Grup E dengan 18 poin, sekaligus menemani Inggris yang lebih dulu mengamankan tiket otomatis ke Prancis.

Dengan demikian, masih ada 12 tiket sisa akan diperebutkan, dan sembilan tim di antaranya harus berjuang melalui jalur play off. Drawing putaran final Piala Eropa 2016 baru akan digelar pada 12 Desember 2015.

Berikut 12 Negara yang Memastikan Diri Lolos Ke Putaran Final Piala Eropa 2016 :

Prancis (tuan rumah)
Islandia (Grup A)
Republik Ceko (Grup A)
Inggris (Juara Grup E)
Irlandia Utara (Grup F)
Austria (Juara Grup G)
Portugal (Juara Grup I)
Spanyol (Juara Grup C)
Swiss (Runner up Grup E)
Italia (Grup H)
Belgia (Grup B)
Wales (Grup B)

You must be logged in to post a comment Login