Pecinta Kopi Silahkan Baca! Berapa Lama Kafein Bertahan dalam Tubuh Kita?

Pecinta Kopi Perlu Baca - Berapa lama kafein bertahan dalam tubuh

Viaberita.com – Bagi Anda pecinta kopi, kafein tentu bukan merupakan hal asing bagi Anda, benar bukan? Yap kopi memang salah satu minuman berkafein yang dipercaya mampu memberikan energi tambahan bagi tubuh dan mengusir kantuk. Tak ayal kopi seringkali menjadi teman setia bagi mereka yang sering begadang.

Kafein sebenarnya tidak hanya terkandung dalam kopi. Minuman seperti coklat, soda, minuman berenergi, hingga teh sekalipun. Namun tentunya kadar kafein yang dimiliki juga berbeda – beda. Berbicara mengenai kafein, tahukah Anda berapa lama kafein dapat bertahan dalam tubuh kita?

Efek dari kafein yang dikonsumsi ternyata tidak langsung bereaksi sekejap setelah diminum. Kafein baru akan diserap masuk ke dalam darah dan jaringan sekitar 45 menit setelah dikonsumsi. Namun demikian, kafein membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dipecah ke unsur yang lebih sederhana dan selanjutnya dikeluarkan dari sistem dalam tubuh.

Dikutip dari KompasHealth setidaknya membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mengeluarkan separuh dari jumlah kafein yang dikonsumsi. Namun bukan berarti, tubuh kita akan mengeluarkan seluruh kafein hanya dalam waktu 8 jam. Ternyata dibutuhkan waktu yang lebih lama, yakni sekitar 12 jam untuk benar – benar menghilangkan kafein yang ada dalam tubuh.

Kondisi seseorang pun dapat mempengaruhi berapa lama tubuh mampu mengeluarkan kafein yang dikonsumsi. Menurut James Lane, peneliti dari Duke University School of Medicine, seorang perokok mampu menghilangkan kafein dalam tubuhnya 3 jam lebih cepat dari waktu normal. Sedangkan pada wanita yang mengkonsumsi pil KB, kafein dapat bertahan 4 jam lebih lama dibanding dengan wanita yang tidak mengkonsumsi pil KB.

Selain itu, pada ibu hamil kafein ternyata dapat bertahan jauh lebih lama, yakni sekitar 10 jam. “Kehamilan juga bisa memperpanjang masa bertahan kafein sampai 10 jam lebih lama, terutama di akhir masa kehamilan,” kata Lane.

 

Sumber Gambar: mediarakyatkepri.com

You must be logged in to post a comment Login