Doi naksir kamu? Yakin? Jangan Baper dulu!

baper

Viaberita.com, Baper – Cinta oh cinta. Siapa sih yang nggak kenal cinta? Mungkin menapaki masa-masa remaja akan membuat kamu lebih mengenal cinta. Tapi yakinkah kamu benar – benar mengenal cinta? Belum tentu. Cinta memang sangatlah sulit untuk dideskripsikan.

Tidak semua orang mengerti makna cinta yang sebenarnya. Bahkan orang yang sedang jatuh cinta sekalipun akan kesulitan untuk mengungkapkannya dalam untaian kata. Kalaupun dipaksa suruh mendeskripsikan, ujung-ujungnya paling cuman mesam mesem, senyam senyum, ketawa nggak jelas, dan melayang-layang kayak di nirwana. Pernah ngrasain kaya gitu? hhe

Nah ngomongin soal cinta dan orang yang tengah kasmaran, sekarang ini ada nih kosakata yang mungkin buat kalian sudah tidak asing lagi, “BAPER “. Yap BAPER”. Sebenarnya apa sih baper itu? Baper atau orang kata “bawa perasaan” adalah perasaan dimana kamu merasa orang lain, biasanya lawan jenis, memberikan perhatian lebih padamu karena hal-hal kecil yang dilakukannya.

Biasanya orang yang baper jadi kepikiran si doi tiap ingat barang yang berhubungan dengan doi, misal: lagu yang kamu dangerin bareng doi, makanan favorit kamu yang kebetulan sama kayak doi, bahkan motor atau mobil yang dikendarai doi. Pokoknya semua hal jadi dikaitkan ke doi yang in the end, bikin kamu kangen doi.

Baper bisa terjadi karena beberapa kurun waktu mengenal doi, dan itu nggak terjadi secara instan. Kalau instan, itu artinya kalian GR semata hahaha. Konyol memang, tapi hati-hati bedain antara kamu baper atau doi emang beneran naksir kamu. Bisa aja sih doi naksir, tapi sebelum kamu men-judge begitu, pastikan hal-hal berikut:

  1. Doi memberikan perhatian-perhatian kecil untukmu

Baper 1

Perhatian memang kerap menuai kesalahpahaman, sekalipun perhatian kecil yang sebenarnya biasa aja. Contoh nih, si doi kok tiba – tiba kontek kamu Cuma buat nanyain hal – hal sepele, semisal ”baru ngapain?”, “udah makan belum?”, dsb. Jika itu dilakukan oleh orang yang bikin kamu baper, bisa saja kamu merasa doi naksir kamu. Padahal banyak faktor yang mendasari perhatian sederhana itu.

Misalnya doi sedang bosan dan tidak ada teman chatting. Awalnya si doi mungkin Cuma iseng nge-chat kamu, tapi karena kalian sama – sama pas lagi gak sibuk akhirnya perbincangan kalian jadi panjang lebar dan terasa asyik. Faktor lain, mungkin doi hanya ingin bersilaturahim atau menjalin pertemanan yang ada dengan baik. Bisa aja kan? so, think before you judge.

  1. Butuh bantuan nih.. Siap!

baper

Nggak memungkiri kalau kita sebagai manusia membutuhkan bantuan orang lain dalam menyelesaikan permasalahan kita. Setuju kan? Nah! Bayangin kalau pas kebetulan kamu minta bantuan ke doi dan doi langsung bilang, “kapan? Sekarang? Siap!” atau tanpa basa basi langsung bilang “OK. Siap.”

Bagi kamu yang ada rasa alias baper sama si doi, pasti kamu bakal mikir “aaaaa doi so sweet banget sih.” *emot mata lebar berkaca-kaca* Hey, Wake up, bro!

Ada baiknya kamu pertimbangkan hal-hal berikut: doi baik ke semua orang atau cuman ke kamu doang? Penting lho mengetahui background doi. Kalau doi baik ke semua orang, termasuk ke kamu, itu bisa jadi kamu cuman baper, padahal buat dia mah biasa aja. Then, seberapa sering doi baik ke kamu? Setiap kamu butuh doi selalu ada kah? Sekali dua kali aja? Atau malah sekali seumur hidup? Wkwkwk please kamu bisa ngerasain sendiri kok *asal enggak baper lho ya*. The last, selo. Selo itu luang atau kebetulan pas si doi gak ada kesibukan. Normalnya, sebagai teman yang baik, kalau dia ada waktu dan sanggup, why not? Jadi, jangan sampai kalian jadi korban baper deh!

  1. Surprise. . . !!! buat kamu nih!

baper

Haaa yang ketiga ini yang harus kamu perhatikan betul. Siapa sih yang nggak suka kejutan? Coba bayangin, kalo semisal kamu sedang banyak kerjaan atau tugas kuliah yang menumpuk, pokoknya kamu lagi capek bagt deh intinya. Kemudian si doi tiba – tiba dateng bawain makanan yang kamu suka. Apa yang bakal kamu rasakan? Seneng? Langsung fresh? Wajar ya kalau itu yang kamu rasain. Tapi kalau kamu sampai ngrasa bahwa dia ngasih semua itu buat nunjukin rasa sayangnya ke kamu, tunggu dulu.. Jangan buru – buru guys!

Kalau doi kayak gitu, cek dulu deh apa doi pernah janji ke kamu buat ngasih apa yang seharusnya diberikan? Jangan-jangan doi cuman pernah janji buat ngebawain itu, tanpa ada maksud apapun alias doi Cuma mau nepatin janjinya doang. So.. jangan baper dulu yah.. hhe

 

Nah! Sudah ada gambaran kira-kira kamu baper atau dia benar-benar naksir kamu? Ingat yaa.. semua orang bisa mengungkapkan rasa cinta atau sayang dengan berbagai cara sesuai karakternya. Yang perlu kamu lakukan adalah menganalisis karakternya, juga faktor-faktor yang sudah tersebut di ketiga poin diatas, apa mungkin doi bakal melakukan hal-hal tertentu karena naksir kamu? Atau dia memang hanya ingin melakukan itu.

Be wise, guys. Kalau kamu buntu tentang apa yang dia rasakan, mungkin lebih baik kamu menanyakannya langsung ke doi. Lebih baik semua jelas, daripada kamu terus-terusan diliputi perasaan yang menjuruskan kamu ke arah galau, gundah, gulana, dan gelisah. Kalau pada akhirnya kamu hanya baper dan dia tidak ada perasaan apa-apa padamu, berbesar hatilah. Masih banyak orang dilluar sana yang bisa memberikan perhatian lebih padamu. Perbanyaklah berdoa dan ikhtiar juga agar kamu jatuh hati pada orang yang tepat. You deserve to be with someone worth it.

 

Tulisan ini merupakan karya dari @ikkawhayy seorang mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris asal Kota Yogyakarta yang dibuat sebagai tanggapan untuk artikel kami minggu lalu berjudul: Dia Sering Lakukan 3 Hal Ini? Artinya Dia Menyukaimu

You must be logged in to post a comment Login