Wajib Militer di Eropa Mulai Ditinggalkan Sedangkan di Indonesia Mau Diterapkan ?

Wajib Militer di Eropa Mulai Ditinggalkan Sedangkan di Indonesia Mau Diterapkan ?

Viaberita.com – Wacana Pemerintah untuk menerapkan wajib militer mulai ramai dibicarakan. Sesuatu yang wajar kalau setiap kebijakan pemerintah selalu ada yang pro dan ada yang kontra. Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu bahkan mengeluarkan statemen keras kepada pihak yang tak mau mengikuti bela negara. (BacaMenteri Pertahanan : Kalau Tak Mau Ikut Bela Negara Silahkan Angkat Kaki dari RI)

Namun di Eropa, wajib militer mulai ditinggalkan. Banyak negara anggota Uni Eropa kini mengandalkan tentara profesional untuk mempertahankan negara, tidak dengan melatih rakyatnya untuk angkat senjata.

Media Deutsche Welle menuliskan, dari 28 negara anggota NATO, 23 di antaranya telah menanggalkan wajib militer. Sementara itu 21 negara Uni Eropa telah menghapuskan wajib militer. Negara Eropa yang masih menerapkan wajib militer adalah Austria, Cyprus, Denmark, Finlandia, Norwegia, Swiss, Moldova, Turki dan Estonia.

Perancis adalah negara pertama di Eropa yang menghapuskan wajib militer pada tahun 2001, disusul oleh negara lainnya di kawasan. Jerman memutuskan menghapuskannya pada 2011, namun wajib militer masih masuk dalam konstitusi dan bisa kembali diterapkan jika situasi darurat terjadi di negara itu.

Wajib militer paling lama Eropa adalah di Cyprus dengan 26 bulan latihan. Sementara Denmark paling sebentar, selama empat bulan dan hanya diterapkan jika mereka kekurangan tentara.

Salah satu alasan penghapusan wajib militer adalah penghargaan terhadap hak individu dengan tidak memaksa mereka turun ke peperangan yang tidak mereka sukai.

Selain itu, peraturan ini dianggap kuno karena peperangan saat ini tidak lagi memerlukan penurunan pasukan dalam jumlah besar, melainkan adu teknologi tempur seperti serangan jet, perang siber dan pengerahan pasukan khusus dalam jumlah kecil, terutama dalam operasi pemberantasan terorisme.

You must be logged in to post a comment Login