30 Ribu Polisi Siap Jaga Final Piala Presiden 2015 Persib Bandung vs Sriwijaya FC di Stadion GBK Jakarta

30 Ribu Polisi Siap Jaga Final Piala Presiden 2015 Persib Bandung vs Sriwijaya FC di Stadion GBK Jakarta

Viaberita.com – Kepastian dipilihnya Stadion Gelora Bung Karno sebagai lokasi final piala presiden 2015 yang mempertemukan Persib Bandung vs Sriwijaya FC membuat banyak pihak khawatir. Pasalnya Stadion GBK merupakan markas dari JakMania suporter Persija Jakarta. Seperti yang kita ketahui selama ini hubungan antara Jakmania Jakarta dan The Viking Bandung sangat buruk sehingga sering kali terjadi bentrokan antar kedua belah pihak.

Baca Juga :

Sudah Dipastikan, Lokasi Final Piala Presiden 2015 di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta

Prediksi Pertandingan, Head to Head dan Susunan Pemain Persib Bandung vs Sriwijaya FC Final Piala Presiden 2015

Kapolda Metro Jaya Tito Karnavian menjelaskan langkah-langkah pengamanan, setelah sebelumnya juga menggelar rapat koordinasi dengan Pemda DKI jakarta, Polda Jabar, bahkan dengan perwakilan suporter dari Persib Bandung, Srwijaya FC dan dengan perwakilan Jakmania. Polda juga berkomunikasi dengan Polres dan kowil Jakmania di Jakarta, serta berkordinasi dengan pihak intelijen, Binda dan lain-lain.

“Kita akan kerahkan pasukan sekitar 7 ribu dari Polda, 1.000 dari Brimob serta sekitar 2 ribu sampai dengan 3 ribu dari Kodam dab Konstrad. Total sekitar 10 ribu pasukan. Di luar itu kita siaga satu, dan ada 30 ribu pasukan yang siaga satu di titik-titik rawan,” kata Tito.

Menurut Tito, penegarahan pasukan ini tak berlebihan mengingat lokasi final piala presiden 2015 ini berada di ibukota negara, dan lebih-lebih ada hubungan masa lalu antara The Viking dan Bobotoh dengan Jakmania. Kepada Jakmania ia berharap menjadi tuan rumah yang baik, dan kepada pendukung Persib juga menjadi tamu yang baik.

“Semoga ini akan menggairahkan sepakbola Indonesoa dan memberikan hiburan. Mari kita nikmati hiburan ini, jangan sampai menjadi tawuran,” ungkap Tito, sambil mengatakan akan ada sekitar 60-80 ribu pendukung Persib dari Jawa Barat yang akan datang ke Jakarta, dan sekitar 5 ribu pendukung Sriwijaya FC.

Sementara itu, CEO Mahaka, Hasani Abdul Ghani mengatakan bahwa sejak awal panitia menghendaki final digelar di GBK, tanpa tahu siapa yang akan melaju ke final. Pertandingan di GBK ini penting agar aura sepakbola nasional kembali bangkit

“Ini adalah momen membangun sepakbola masa depan. Kita bicara ke depan. Bukan masa lalu,” demikian penjelasan dari Hasani.

You must be logged in to post a comment Login