Akibat Kebakaran Hutan, Rumah Sakit Jiwa Diserbu Kawanan Monyet

Akibat Kebakaran Hutan, Rumah Sakit Jiwa Diserbu Kawanan Monyet

Viaberita.com – Kebakaran Hutan di Indonesia memang sudah sangat mengkhawatirkan. Tak hanya manusia, hewan-hewan yang berada di hutan pun merasa resah dan ramai-ramai untuk keluar hutan menyerbu pemukiman warga. Seperti yang terjadi di Banjarmasin, kawanan monyet menyerbu Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sehingga mengganggu ketenangan penghuni dan petugas rumah sakit.

Direktur RSJ Sambang Lihum Dharma Putera gangguan, kawanan monyet semakin sering mendatangi rumah sakit sejak kebakaran lahan terjadi di wilayah tersebut.

“Kami sangat terganggu sekali atas perilaku kawanan monyet itu, apalagi sejak kebakaran hutan membuat aksi mereka semakin menjadi-jadi dan tidak mau diusir,” katanya

Ia mengatakan gangguan hewan primata itu sudah berlangsung lama bahkan terjadi sejak RSJ yang terletak di Jalan Gubernur Syarkawi, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, dibangun.

Dijelaskannya, gangguan itu terjadi karena posisi bangunan RSJ memang di tengah kawasan hutan dan dipenuhi pepohonan yang merupakan habitat primata tersebut.

“Namun dulu, kami bisa mengusir mereka kembali ke hutan, tetapi sekarang karena habitatnya rusak akibat kebakaran lahan, mereka bertahan,” ungkapnya.

Bahkan, kata dia, kawanan monyet menjadikan plafon sebagai ruang persinggahan dan sarang sehingga bagian atap dan plafon sering rusak.

“Bagian plafon dan atap yang rusak sudah beberapa kali diperbaiki tetapi dirusak kembali sehingga fasilitas yang ada di ruangan transit itu tidak bisa digunakan,” ujarnya.

Menurut dia, pihaknya sudah berupaya mengusir kawanan monyet dengan menggunakan petasan kecil tetapi sekarang upaya itu tidak membuahkan hasil karena mereka tetap bertahan.

“Dulu bunyi petasan kecil membuat monyetnya lari, tetapi sekarang tidak ada pengaruh dan mereka bertahan di sarang karena tidak ada lagi hutan dan pepohonan,” ujar dia.

You must be logged in to post a comment Login