Petugas Dibantu Masyarakat Berhasil Padamkan Kebakaran Hutan di Gunung Sindoro Jawa Tengah

Petugas Dibantu Masyarakat Berhasil Padamkan Kebakaran Hutan di Gunung Sindoro Jawa Tengah

Viaberita.com – Kebakaran hutan ternyata tak hanya terjadi di pulau sumatera dan kalimantan saja. Kali ini kawasan hutan Gunung Sindoro yang terletak di perbatasan Temanggung dan Wonosobo Jawa Tengah juga tak luput dari kebakaran hutan.

Kebakaran yang berlokasi di petak 10B1 di wilayah Desa Tuksari, Kecamatan Kledung itu mulai muncul sejak pukul 11.00 wib dan akhirnya berhasil dipadamkan oleh petugas perhutani yang dibantu masyarakat sekitar pada pukul 16.45 Wib, Rabu (14/10/2015) .

Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung, Yudi Noviar, Rabu, mengatakan bahwa kebakaran hutan tersebut menghanguskan kawasan hutan seluas 5 hektare (Ha) dari luas baku di petak 10B1 sekitar pukul 184,5 hektare.

“Jenis vegetasi yang terbakar dalam hutan lindung tersebut berupa rimba alam dengan kerugian sekitar Rp 750.000,” kata Yudi, seperti dilansir Antara, Rabu (14/10/2015)

Ia mengatakan pemadaman kebakaran hutan itu dilakukan oleh petugas Perhutani BKPH Temanggung bersama masyarakat dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Tuksari dan sejumlah pecinta alam.

Yudi menyebutkan ada sekitar 40 orang yang berupaya memadamkan api dengan cara manual, yakni menggunakan ranting yang dipukulkan ke api.

Namun belum diketahui penyebab kebakaran hutan tersebut, kecuali atas dugaan ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Yudi menuturkan bahwa pada musim kemarau yang berkepanjangan ini lahan hutan di lereng gunung tersebut rawan terjadi kebakaran karena kondisinya memang benar-benar kering.

You must be logged in to post a comment Login