Dana Keamanan Final Piala Presiden 2015 Diperkirakan Mencapai 5 Miliar Rupiah

Dana Keamanan Final Piala Presiden 2015 Diperkirakan Mencapai 5 Miliar Rupiah

Viaberita.com – Laga Final Piala Presiden 2015 yang mempertemukan Persib Bandung vs Sriwijaya FC menyita perhatian banyak pihak. Tak hanya karena ini adalah sebuah final turnamen sepakbola, tetapi juga dikarenakan rivalitas antara bobotoh Bandung dan Jakmania yang selalu memicu kericuhan.

Untuk mengantisipasi terjadinya gesekan, Polda Metro Jaya, Irjen. Pol. Drs. H.M. Tito Karnavian, M.A. Ph.D., berencana akan mengerahkan sebanyak 30 personel keamanan yang disebar di sejumlah titik pengamanan. 10 ribu personel ditugaskan mengawal jalannya pertandingan di dalam maupun luar stadion. (Baca Selengkapnya : 30 Ribu Polisi Siap Jaga Final Piala Presiden 2015 Persib Bandung vs Sriwijaya FC di Stadion GBK Jakarta)

Sedangkan, sisa 20 ribu personel lainnya akan disiagakan di titik-titik tertentu mulai dari perbatasan Jakarta di Bekasi sampai memasuki daerah sekitar SUGBK.

Baca Juga :

Ridwan Kamil Berikan Batu Akik Oranye Ke Ketua Jakmania Untuk Minta Izin Gelar Final Piala Presiden 2015 di Jakarta

Bobotoh Harus Bayar 250 Ribu Demi Nonton Laga Final Piala Presiden 2015 Persib Bandung vs Sriwijaya FC

Prediksi Pertandingan, Head to Head dan Susunan Pemain Persib Bandung vs Sriwijaya FC Final Piala Presiden 2015

Personel kepolisian tersebut akan mengamankan suporter dari kedua tim. Diperkirakan 60 ribu hingga 80 ribu Bobotoh akan masuk ke Jakarta serta 5 ribu pendukung Sriwijaya FC dari Palembang serta kawasan Jabodetabek.

“Untuk suporter Sriwijaya tetap ada pengamanan tapi tak ada pengawalan khusus. Nah, untuk pulangnya kami instruksikan agar mereka meninggalkan GBK lebih dulu,” kata Kapolda Metro Jaya dalam konferensi pers di Jakarta

Melihat rencana tersebut, kemudian yang menjadi tanda tanya ialah berapa besar biaya pengamanan final piala presiden 2015 yang harus dikeluarkan oleh pihak Mahaka Sports and Entertainmnet selaku operator turnamen.

Meski enggan menyebutkan secara rinci, namun pihak Mahaka mengaku tidak mau ambil pusing. Yang terpenting bagi mereka turnamen Piala Presiden 2015 yang menyedot perhatian khalayak cukup besar ini bisa berjalan dengan mulus sampai babak akhir.

“Kalau untuk itu (biaya pengamanan) biar sajalah. Yang penting turnamen bisa berjalan dan sukses. Kita selamatkan saja event ini dulu,” kata CEO Mahaka, Hasani Abdulgani.

Info dari lingkar dalam panpel Persija, konon, biaya keamanan satu partai bigmatch, bisa menguras kantong klub hingga Rp130 juta. dengan skenario jumlah total personel keamanan mencapai 1.300 orang.

Artinya, dengan asumsi bahwa laga final Piala Presiden 2015 membutuhkan pengawalan 40.000 personel keamanan, maka bujetnya yang harus dikeluarkan Mahaka tak kurang mendekati Rp5 M. Angka yang fantastis bagi sebuah turnamen sepakbola dalam negeri.

You must be logged in to post a comment Login