Bacaan Niat Puasa Tasu’a dan Puasa Asyura yang Jatuh 22-23 Oktober 2015

Bacaan Niat Puasa Tasu'a dan Puasa Asyura yang Jatuh 22-23 Oktober 2015

Viaberita.com – Niat Puasa Tasu’a dan Puasa Asyura. Bulan Muharram adalah bulan pertama pada kalender islam. Bulan Muharram juga merupakan salah satu bulan paling utama bagi umat islam di seluruh dunia. Di bulan Muharram ini, kita dianjurkan untuk menjalankan ibadah Puasa Sunah yaitu Puasa Tasu’a dan Puasa Asyura.

Puasa Tasu’a yang selalu dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram, sedangkan Puasa Asyura dapat dijalankan pada tanggal 10 Muharram. Pada tahun 2015 bertepatan di bulan Oktober, tanggal 9 Muharram jatuh pada hari Kamis tanggal 22 Oktober 2015, sedangkan 10 Muharram jatuh pada hari Jumat 23 Oktober 2015.

Bagi siapa saja yang ber niat untuk melakukan Puasa Tasu’a dan Puasa Asyura di tahun 2015 ini sudah semestinya untuk mengetahui lafadz atau bacaan niatnya. Kita tahu, letak niat sesungguhnya adalah dalam hati.

Baca Juga : 

Inilah 3 Amalan Hari Asyura Sesuai Dalil Hadist Rasulullah Saw

Bagaimana Hukumnya Puasa Asyura (10 Muharram) Tanpa Puasa Tasu’a ?

Namun bagi kaum muslimin yang bermadzhab syafi’i, madzhab yang paling banyak dianut oleh mayoritas umat islam di Indonesia menjelaskan bahwa mengucapkan lafadz niat adalah sebuah kesunnahan.

Maka dari itu. Tidak ada salahnya jika kita mengucapkan niat bagi siapa saja yang ingin ber puasa Tasu’a maupun puasa Asyura.

Bagi anda yang belum tahu niatanya, di bawah ini di lampirkan doa/niat puasa tasu’a dan asyura dalam bahasa arab, latin dan beserta artinya :

LAFADZ NIAT PUASA TASU’A:

نويت الصوم في يوم تاسوعاء سنة لله تعالي

Tulisan Latin: Nawaitu As Shauma fi Yaumi Taasu’a Sunnatan Lillahi Ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa Tasu’a, sunnah karena Allah ta’ala.”

LAFADZ NIAT PUASA ASYURA:

نويت الصوم في يوم عاشوراء سنة لله تعالي

Tulisan Latin: Nawaitu As Shauma fi Yaumi ‘Asyura Sunnatan Lillahi Ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa Asyura, sunnah karena Allah ta’ala.”

Hadist Seputar Puasa Tasu’a dan Asyura :

“Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma berkata : Ketika Rasulullah Saw tiba di Madinah, beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa pada hari Asyura, maka Beliau bertanya : “Hari apa ini?. Mereka menjawab :“ini adalah hari istimewa, karena pada hari ini Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuhnya, Karena itu Nabi Musa berpuasa pada hari ini. Rasulullah pun bersabda: “Aku lebih berhak atas Musa daripada kalian“ Maka beliau berpuasa dan memerintahkan shahabatnya untuk berpuasa.
(H.R. Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat lain, Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma berkata : Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda : “Jika tahun depan kita bertemu dengan bulan Muharram, kita akan berpuasa pada hari kesembilan (tanggal sembilan).“
(H.R. Bukhari dan Muslim)

 

You must be logged in to post a comment Login