Indonesia Berpotensi Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017

Indonesia Berpotensi Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017

Jakarta, Viaberita.com – Indonesia Berpotensi Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017. Ya Negara Indonesia memiliki kesempatan di ajang balap bergengsi di dunia untuk menjadi tuan rumah. Indonsia salah satu negara pilihan untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2017.

Sirkuit yang di gunakan untuk balapan MotoGP 2017 adalah Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, diperkirakaan akan menjadi tempat paling ideal untuk event ini.

Peluang ini telah terbuka lebar setelah CEO Dorna SL, Carmelo Ezpeleta, datang ke Jakarta untuk menanyakan kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2017 mendatang.

Kehadirannya disambut oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan Direktur Sirkuit Sentul Tinton Soeprapto.

Pengembangan MotoGP khususnya di Indonesia sangat penting. Bukan cuma untuk pembalap, melainkan juga untuk pabrikan, kata Bos Dorna yang akrab disapa dengan Ezpeleta di Gedung Sapta Pesona, Rabu (20/5/2015) seperti apa yang dikutip Kompas.Com.

Masih banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan Indonesia. Kami berharap, pemerintah bisa segera menindak lanjuti hal ini, terkait Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP 2017. Namun, kami sudah berjanji untuk bekerja keras sehingga hal ini dapat segera terealisasi, tambah pria asal Spanyol itu.

Sementara itu, Menpar menangkap adanya potensi keuntungan yang sangat besar untuk Negara dari penyelenggaraan MotoGP di Tanah Air. Menurut perhitungan sementara, dalam empat hari berlangsungnya satu seri MotoGP akan ada pengeluaran sekitar 91,73 juta dollar AS atau setara Rp 1,4 triliun, katanya.

Oleh maka itu, Menpar meminta adanya kerja sama lintas kementerian guna menyiapkan diri. Selanjutnya, dalam jangka waktu kurang lebih tiga bulan, pemerintah diharapkan sudah menandatangani MoU dengan Dorna sambil menunggu perbaikan Sirkuit Sentul.

Tinton pun sangat antusias dengan isu ini. Ia berjanji, dalam waktu sebulan, pihaknya akan merancang beberapa program agar Sirkuit Sentul memenuhi syarat dan standar Grand Prix, sehingga balapan bertaraf Internasional, MotoGP dapat menggunakan Sirkuit Sentul ini untuk balapan seri-seri MotoGP.

Jika Sentul sudah menjadi grade A, semua kejuaraan internasional bisa digelar di sini, termasuk MotoGP, katanya.

Pada tahun 1996 dan 1997 lalu Sentul pernah menjadi tuan rumah untuk Grand Prix. Mick Doohan (Australia) dan Tadayuki Okada (Jepang) keluar sebagai juara kala itu untuk kelas 500cc.

Pemimpin klasemen sementara MotoGP musim ini, Valentino Rossi, juga pernah merasakan balapan di Sentul. Dia memulai karier balap pada tahun 1996 di kelas 125 cc, dan finis di posisi ke-11 saat race Sentul, kemudian di tahun berikutnya dia telah berhasil menginjakkan kakinya diatas posisi tertinggi GP Indonesia.

You must be logged in to post a comment Login