Bakpao Manis Tiramisu

Berita Informatif Terkini

Bakpao Manis Tiramisu

Viaberita.com, Jakarta – Ada yang sudah pernah mencicipi bakpao manis tiramisu? Jika belum pernah, viaberita.com, akan membagikna cara membuat bakpao manis tramisu.. Anda tentu akan bisa membuat sajian ini dengan mudah dirumah. Ingin tahu seperti apa membuat hidangan bakpao manis tiramisu yang lembut? Simak langsung seperti apa resepnya dibawah ini.

Bahan Kulit Bakpao:

125 gram tepung terigu
1 sendok teh baking powder
20 gram susu bubuk
50 gram tepung tangmien
25 ml air kopi
50 gram gula tepung
75 ml air
1/2 sendok teh garam
50 gram mentega putih
1/4 sendok teh cokelat pasta

Bahan Biang:

8 gram ragi instan
250 gram tepung terigu
125 ml air
25 gram gula tepung

Bahan Isian:

250 ml susu cair
30 gram keju parut
2 sendok makan gula pasir
10 gram tepung terigu
15 gram tepung maizena
1 kuning telur

Cara Membuat Isian Bakpao:

Silahkan siapkan sebuah panci diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Lalu tuangkan susu cair kdalamnya bersama dengan tepung terigu, tepung mazeina, keju parut dan juga gula pasir. Aduk-aduk semua bahan ini sampai mengental dan meletup-letup. Matikkan kompor sebentar.

Lalu tuangkan kuning telur kedalamnya. Untuk kemudian aduk telur dengan cepat agar tidak menggumpal. Aduk sampai lepas dan nyalakan kembali api pada kompor. Lalu masak bahan ini hingga meletup.

Angkat sajian ini dari kompor dan sisihkan dalam wadah untuk kemudian dinginkan semnetara dalam lemari es.

Cara Membuat Bakpao:

Untuk membuat bakpao silahkan buat terlebih dahulu bahan utama untuk tiramisu yakni air kopinya. Perlu diketahui untuk membuat air kopi ini ada takaran tertentu agar rasa dari hidangan kali ini pas dan lezat. Yakni takaran air kopi dibuat dari 1 sendok teh kopi instan yang dicampurkan dengan 25 ml air dan didinginkan sementara.

Sementara itu, kita akan buat bahan bakpaonya. Caranya, siapkan sebuah wadah dan campurkan kedalamnya beberapa bahan seperti tepung terigu, tepung tang mien, baking powder, air dan juga gula tepung. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur.

Lalu, uleni hingga merta dan masukkan bahan biang kedalam adonan ini. Aduk-aduk dan uleni kembali sampai semua bahan ini kalis dan tidak lengket pada bagian tangan.

Masukkan mentega putih bersama dengan garam dan aduk-aduk hingga merata. Jangan lupa untuk menguleni bahan ini dengan benar. Tambahkan sisa adonan dengan air kopi dan aduk merata.

Bentuk adonan dengan bulat dan diamkan selama kurang lebih 10 menit agar lebih mengembang.

Kempiskan adonan dengan menggunakan tangan. Ukur sebanyak 30 gram dan lakukan pada masing-masing adonan. Sementara untuk adonan kopi timbang sebanyak 10 gram. Diamkan selama 10 menit.

Giling dan pipihkan, lalu tumpuk adonan kopi diatas adonan putih. Giling kembali dan isi bagian tengahnya dengan isian. Bentuk lonjong dan diamkan adonan 30 menit hingga ukurannya dua kali lebih besar.

Kukus dalam kukusan selama 10 menit hingga matang, angkat dan sajikan. (RF)