Berita Duka, Mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi Telah Tutup Usia

Hasyim Muzadi

KH Hasyim Muzadi wafat

ViaBerita.com Hasyim Muzadi – Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama yaitu KH Hasyim Muzadi tutup usia tepat pada hari Kamis 16 – 3 – 2017 dini hari. KH Hasyim Muzadi ini meninggal dunia sekitar pukul 06.15 WIB yang berada di kediamannya, Pesantren Al Hikam, Kota Malang, Jawa Timur. Selama semasa hidupnya, KH Hasyim Muzadi ini memang di kenal sebagai tokoh PB Nahdlatul Ulama. Pendiri pesantren Al Hikam yang berada di Malang dan Depok ini selanjutnya dipilih menjadi Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama di periode 1999 sampai 2004. Setelah itu, KH Hasyim Muzadi sempat terjun ke perpolitikan nasional dengan menjadi calon wakil presiden di Pemilu 2004.

Kala itu, Beliau mendampingi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang tengah maju sebagai calon presiden. Pasangan Mega-Hasyim ini sempat maju ke putaran kedua pada Pilihan presiden tahun 2004. Akan tetapi, pada putaran kedua pasangan Mega-Hasyim ini di kalahkan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla dengan perolehan persentase suara yaitu 60,62 persen -39.38 persen. Di era pemerintahan Presiden Joko Widodo, Hasyim ini selanjutnya di tunjuk sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Ucapan dukacita atas wafatnya Hasyim Muzadi ini juga di sampaikan langsung oleh Mustasyar yang merupakan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU yaitu Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus.

Inna lillahi wainnailaihi raji’un. Kita kehilangan lagi seorang tokoh atau mantan Ketum PBNU yaitu KH. Hasyim Muzadi. Semoga husnul Khatimah,” tulis Gus Mus di akun Twitternya tersebut. Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf juga mengungkapkan belasungkawa atas meninggalnya mantan Ketua Umum PBNU tersebut. ” Turut berduka cita yg sedalam-dalamnya atas wafatnya Beliau. Semoga almarhum husnul khotimah,” ungkap Triawan. Sehari sebelumnya, Presiden Jokowi yang bersama Ibu Negara Iriana ini juga menjenguk Hasyim Muzadi yang berada di kediamannya yaitu Kompleks Pondok Pesantren Al Hikam, Malang, Jawa Timur. Sebelumnya, Jokowi juga telah menginstruksikan kepada semua tim dokter kepresidenan untuk membantu penanganan medis anggota Dewan Pertimbangan Presiden atau Watimpres .

Presiden Jokowi tiba di Pondok Pesantren Al Hikam yang berada di Malang ini sekitar pukul 10.00 WIB. Selain itu, juga tampak putra bungsu Jokowi yaitu Kaesang Pangarep juga ikut dalam mobil rombongan. Selain itu, terlihat juga Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan juga Gubernur Jawa Timur yaitu Soekarwo. Rombongan Jokowi memang hampir 45 menit ada di kediaman mantan Ketua Umum PBNU, yang jatuh sakit sejak awal Januari 2017 tersebut. Jokowi juga menjelaskan bagaimana kondisi terakhir KH Hasyim Muzadi, termasuk apakah sudah dapat berkomunikasi langsung dengan kiai maupun tidak.