Bolehkan Foto Bersama Dengan Perempuan Yang Sudah Di Khitbahnya?

Berita Informatif Terkini

Viaberita.com, Jakarta – Berfoto dengan lawan jenis adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam islam. Keadaan ini mengharuskan kedua lawan jenis itu bedekatan atau dalam fiqih islam itu dinamakan ihtilat. Ikhtilat adalah suatu keadan yang memungkinkan bertemunya kedua lawan jenis yang dapat menyebabkan iteraksi.

Tak ada perbedaan walaupun perempuan itu sudah di khitbah, walaupun mengkhitbah sesuatu yang mengikat perempuan untuk tidak menerima pinakan orang lain. Tetap saja laki-laki harus jaga pergaulan terhadap perempuan yang telah di pinagnya.

Karena Rasul shallallah SAW memerintahkan hal ini, beliau bersabda,

انظر إليها، ألا تنظر إليها

“Lihatlah dia. Tidakkah anda berkenan melihatnya terlebih dahulu?!”

Maksudnya, melihat wanita yang dikhitbah tidak mengapa, asal tidak berkhalwat (berduaan dengan perempuan), namun harus didampingi ayah, ibu atau saudara laki-lakinya, tidak boleh khalwat.

Laki-laki yang mengkhitbah boleh melihat wajah, bagian-bagian tubuh yang terlihat atau jari-jemarinya, rambutnya, tidak mengapa.

Namun, tidak boleh dia berkhalwat dengan wanita itu. Tidak juga keluar bersamanya di mobil, sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian orang dengan cewek yang dia khitbah, dia jalan-jalan bersama cewek tunangannya ke kota atau ke taman-taman. Perbuatan ini tidak benar dan bisa menjadi sarana menuju kerusakan.

Yang boleh adalah melihat perempuan tersebut dengan didampingi walinya, seperti ibunya, saudara laki-lakinya atau mahramnya yang lain. Sehingga dia dapat melihat hal-hal yang membuatnya tertarik untuk menikahinya ataupun hal-hal yang membuatnya tidak berminat untuk maju.

Jadi, laki-laki yang mengkhitbah tidak boleh mengambil gambarnya, juga bagi wanita yang dikhitbah tidak boleh meminta foto laki-laki yang mengkhitbahnya. Dua-duanya sama terlarang. (JAR)