Cara Membuat Doughnut Bread

Viaberita.com, Jakarta – Hidangan yang satu ini tepat sekali saat di musim penghusan seperti ini, sudah enak dan cukup mudah untuk dibuat. Pasalnya metode yang dibutuhkan untuk membuat sajian ini begitu mudah dan bahan-bahannya pun cukup mudah untuk dijumpai. Untuk itu, yuk langsung simak saja resep membuat hidangan doughnut bread yang enak dibawah ini.

Bahan-Bahan Donat:

200 gram tepung terigu
80 gram margarin
40 gram susu bubuk
100 gram gula pasir
8 gram ragi instan
1 butir telur
6 gram garam
60 ml air es
1 kuning telur

Bahan Biang:

250 gram air es
400 gram tepung terigu
20 gram gula pasir
4 gram ragi instan
Bahan Isian (Aduk Bahan Ini Merata):

50 gram mentega tawar dingin
100 gram cheese filling
100 gram cream cheese
Bahan Untuk Toping:

800 gram white cooking chocolate
1 sendok makan sprinkle warna perak
8 tetes pewarna biru muda
16 tetes pewarna kuning muda
16 tetes pewarna merah muda

Cara Membuat Adonan:

Untuk yang pertama kta akan buat terlebih dahulu bahan biangnya. Untuk membuat bahan ini bisa dilakukan dengan mencampurkan tepung terigu bersama dengan gula pasir dan juga ragi instan. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai semuanya tercampur emrata. Masukkan air sedikit demi sedikit kedalam adonan tersebut dan uleni bahan tersebut sampai kalis secara merata. Setelah itu, silahkan diamkan selama kurang lebih 1 jam dibawah suhu ruangan dan masukkan dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.

Bila sudah selesai anda akan siap untuk membuat adonannya. Untuk membuat bahan adonan ini bisa dilakukan dengan mengayak bahan-bahan yang kering seperti halnya tepung terigu, ragi instan, susu bubuk dan juga gula pasir. Ayak bahan ini dengan menggunakan saringan dan masukkan dalam wadah.

Kemudian campurkan bahan tersebut bersama dengan bahan biang yang sudah anda buat sebelumnya. Uleni kemudian bahan tersebut secara merata sampai tercampur.
Bila sudah selesai, silahkan masukkan telur bersama dengan air es sedikit demi sedikit sambil terus diuleni sampai kali secara merata. Lalu tambahkan dengan menggunakan margarin secara merata dan tambahkan pula garam kedalamnya. Uleni kembali bahan-bahan tersebut samapi elastis. Kemudian diamkan selama kurang lebih 30 mebnit sampai mengembang.

Kempiskan adonan dengan menggunakan tangan dan timbang adonan masing-masing sebanyak 20 gram. Bulatkan dengan menggunakan tangan dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, giling bahan tersebut dengan memanjang.

Semprotkan bahan isian yang sudah anda campur secara merata, lalu gulung kembali sambil dipadatkan dengan perlahan. Bentuk donut dan diamkan kembali selama kurang lebih 75 menit sampai mengembang secara merata.

Oven bahan ini dalam oven selama kurang lebih 10 menit dibawah suhu 190 derajat sampai matang dan mengembang.

Cara Membuat Topping:

Untuk membuat topping, silahkan siapkan wadah dekat dengan anda dan masukkan semua bahan kedalamnya dan aduk-aduk secara merata dengan menggunakan sendok.

Bila sudah selesai, slahkan celupkan roti kedalam white cooking chocolate yang sudah dilelehkan dan dicampur pewarna dan taburi dengan bahan-bahan sprinkle. (RF)