Inilah Cara Membedakan Daging Ayam Yang Disuntik

Berita Informatif Terkini

Inilah Cara Membedakan Daging Ayam Yang Disuntik

Viabertia.com, Jakarta – Informasi ini sangat penting bagi para ibu yang kerap kali berbelanja salah satu kebutuhan pangan yaitu daging ayam, baik itu pasar di tradisional, pasar modern, atau pun pedagang sayur keliling. Sempat muncul keresahan mengenai daging ayam yang ‘disuntik’.

Lalu, bisakah ayam-ayam hasil suntikan tersebut dibedakan dari ayam yang sehat? Direktur Kesmavet (Kesehatan Masyarakat Veteriner) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh Syamsu Ma’arif, MSi menjelaskannya seperti yang dilansir dari detikHealth baru-baru ini.

“Sebenernya secara dilapangan itu, sudah gak ada ayam yang disuntik-suntik (antibiotik). Zaman sekarang mainnya gimana caranya pakan makanan ternak tersebut dibuat sebaik mungkin,” kata drh Syamsu.

Namun demikian, ia pun memperingatkan, masih ada bentuk kecurangan lain yang sering ditemukan. Beberapa pedagang ‘nakal’ menyuntikkan air pada daging ayam sehingga kelihatan lebih gemuk dan segar ketika dijual.

Untuk mengenali ayam-ayam yang disuntik air seperti itu, drh Syamsu memberikan beberapa tips sebagai berikut:

1. Ayam suntik ketika dipegang kerasnya tidak terlalu padat. Semakin ayam itu ditekan maka semakin lembek, sedangkan pada ayam yang tidak disuntik elastis dan bagian otot dan paha ayam terlihat kenyal.

2. Pada saat ayam tersebut dipegang dan ditekan berkali-kali dengan jari banyak air yang menetes ke bawah sedangkan ayam segar tidak terlalu banyak air yang menetes.

3. Waktu ditimbang berat ayam tidak wajar sama bentukan tubuhnya, jadi tidak seimbang. Karena dalam kenyataannya ayam yang dijual di pasar beratnya tidak sampai 2 kilogram.

4. Pembeli juga bisa lihat di sekitaran ayam banyak genangan air atau tidak. Kalau banyak berarti ayam tersebut disuntik (karena lama-lama air akan menyusut sendiri). Pada ayam segar tidak terlalu banyak genangan di sekitar ayam.

5. Kulit pada ayam suntik terlihat lebih mengkilap, sedangkan pada ayam segar berwarna putih-kekuningan. (RF)