Jangan Sembarangan, Inilah Akibat Premium Campur Pertamax Bagi Kendaraan Anda !

premium-campur-pertamax

Viaberita.com – Premium campur pertamax, pertamax campur premium amankah, premium campur pertamax boleh gak, pertalite dicampur pertamax, pertamax campur premium untuk motor injeksi, cara mengganti premium ke pertamax, bensin campur pertamax bolehkah, pertamax dicampur pertamax plus, bolehkah pertalite dicampur pertamax

Banyak orang yang dengan sengaja mencampur premium (BBM Bersubsidi) dengan Pertamax / Pertamax Plus (BBM Non Bersubsidi) dengan alasan untuk mengejar nilai oktan. Seperti yang kita ketahui bahwa Premium mempunyai nilai oktan 88, Pertamax oktan 92 sedangkan Pertamax Plus mempunyai oktan 95. Benarkah bila kita mencampur premium ber oktan 88 dengan pertamax plus ber oktan 95 akan mendapat bahan bakar ber oktan 92 ? Amankah praktek men campur premium dengan pertamax seperti contoh diatas? Sebelum menjawabnya, ada baiknya kita mengetahui perbedaan antara premium dan pertamax terlebih dahulu.

PERBEDAAN PREMIUM DAN PERTAMAX

Premium: Bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih (tambahan pewarna dye), dan memiliki nilai oktan atau Research Octane Number (RON) terendah diantara BBM kendaraan bermotor lainnya, Menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah banyak

Pertamax: BBM dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannya di kilang minyak, direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi setelah tahun 1990, terutama yang menggunakan teknologi setara dengan fuel injection (EFI) dan catalytic converters (pengubah analitik), tanpa timbal, mempunyai nilai oktan 92, menggunakan Ethanol sebagai peningkat bilangan oktannya, dan menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah yang sangat sedikit dibandingkan BBM lain

Pertamax Plus: Seperti halnya Pertamax, Pertamax Plus ada penambahan zar aditif, sudah memenuhi standar performa Internatioanl World Wide Fuel Charter (IWWFC), memiliki kompresi minimal 10,5, serta memiliki teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers, dan catalyctic converters.

Baca Juga : Pilihlah Jenis Bahan Bakar yang Sesuai Untuk Kendaraan Anda, Simak Daftarnya Berikut Ini

Sebuah Mesin sepeda motor/mobil memerlukan bahan bakar yang sesuai dengan desain mesin itu sendiri agar dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kinerja yang optimal. Tujuan mesin dibuat dengan perbandingan kompresi tinggi adalah untuk meningkatan efisiensi (irit bahan bakar) dan menurunkan kadar emisi. Semakin tinggi oktan, maka biasanya harganya semakin tinggi.

AKIBAT PREMIUM CAMPUR PERTAMAX BAGI KENDARAAN ANDA

Seperti penjelasan diatas, memang benar jika anda hanya mengejar nilai oktan, anda dapat mencampur premium dan pertamax sesuai keinginan anda. Namun, Premium adalah bahan bakar yang murni yang belum ditambahkan zat apapun sedangkan Pertamax adalah bahan bakar yang sudah diolah sedemikian rupa ditambah zat adiktif yang bernama EcoSAVE yang mampu membersihkan mesin dan mengoptimalkan pembakaran sehingga tidak meninggalkan kerak di dalam mesin.

Artinya jika anda melakukan praktek premium campur pertamax, Maka zat adiktif yang ada di dalam pertamax akan sia-sia karena tercampur dengan premium sehingga mesin anda akan tetap kotor akibat pembakaran yang kurang sempurna seperti halnya premium biasa.

DAFTAR HARGA MOTOR :

DAFTAR HARGA MOBIL :