Mantan Perdana Menteri Malaysia Hina Keturnan Suku Bugis, Ini Videonya

Berita Informatif Terkini

Viaberita.com, jakarta – Belum lama ini tepatnya pada 14 Oktober 2017 kemarin, beredar sebuah video pidato yang disampaikan oleh Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad. Mahathir yang berpidato di hadapan para pendukungnya itu secara terang-terangan menyinggung lawan politiknya yakni Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak yang memiliki darah Bugis.

Di sela acara yang diprakarsai oleh Himpunan Rakyat Sayangi Malaysia ini Mahathir dalam pidatonya dengan gamblang menyebut etnis keturunan Bugis sebagai lanun atau perompak. Bahkan ia mengidentikkan orang Bugis dengan menyebutnya sebagai pencuri dan penyamun.

“Mungkin kerana dia (Najib Tun Razak) berasal dari lanun Bugis. Entah macam mana dia sesat sampai ke Malaysia. Pergi balik lah ke Bugis,” kata Mahathir dalam pidato kontroversialnya itu.

Sontak pidato kontroversial Mahathir langsung menuai kecaman khususnya dari warga keturunan Bugis di Malaysia. Ketua Persatuan Asosiasi Bugis di Kota Tinggi, Abd Kader Baso mengancam akan melaporkan Mahathir ke Kepolisian Kota Penawar, Kota Tinggi, Johor.
Mahathir didesak segera meminta maaf kepada masyarakat Bugis lantaran telah melukai hati orang Bugis. Perilakunya dinilai sama sekali tidak mencerminkan seorang negarawan.

Berikut videonya :

(RF)