Monumen Nasional (MONAS) Berdiri Selama 40 Tahun, Tema Google Doodle

Monumen Nasional
Viaberita.com – Pada tanggal 12 Juli 1975, Monas (singkatan dari nama Monumen Nasional Indonesia) dibuka untuk masyarakat Indonesia untuk pertama kalinya. Pada tanggal 12 Juli 2015 Monumen Nasional tepat genap berusia 4o tahun. Monumen bersejarah yang bertempat di Jakarta Pusat itu menjadi ikon Google Doodle edisi Minggu, 12 Juli 2015 sebagaimana memperingati hari kelahiran monumen tersebut.
Seperti yang telah di kutip dari Wikipedia, Monumen Nasional ini merupakan lambang sejarah yang dari para pahlawan yang berjuang dalam perebutan kekuasaan untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia dari Hindia Belanda waktu itu. Tugu Monas ini pertama kali di bangun oleh Presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno untuk mengenang tragedi perebutan kemerdekaan tersebut.
Tugu Monas yang dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB. Pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.
Monas yang sudah melekat di Indonesia, sudah di kenal seluruh dunia sebagai icon bangsa Indonesia dan juga di jadikan sebagai objek wisata para wisatawan dalam negeri dan luar negeri. Di sinilah terdapat cerita-cerita sejarah yang bisa di temukan.
Tinggi Monas 132 meter dengan bentuk lingga yoni yang berdiri dengan kokoh. Keseluruhan dari bangunan dilapisi marmer. Monas terdiri dari empat tingkatan seperti lidah api, pelataran puncak, pelataran bawah dan museum sejarah perjuangan nasional.