Samsung Alami Kemerosotan Laba 27% dari Tahun Lalu

Perusahaan besar asal Korea Selatan, Samsung Electronics Co Ltd (SSNLF) melaporkan laba untuk kuartal keempat yang turun 27 persen dari tahun lalu. Nampaknya kemerosotan ini dikarenakan penjualan smartphone yang turun di tengah persaingan yang ketat dengan perusahaan lainnya.

samsung

Sementara itu, Samsung mengatakan jia dewan direksi telah mengumumkan pembagian dividen tunai 19.500 won per saham, naik dari tahun lalu 13.800 won per saham. Samsung melaporkan jika laba perusahaan mengalami penurunan sejak kuartal kedua hingga kuartal kelima, secara berturut-turut penurunan, dan merupakan laba terendah sejak kuartal kedua tahun 2011.

Namun, meskipun mengalami penurunan dibanyak sektor, penjualan chip dan handset premium seperti Galaxy Note 4, yang diluncurkan pada bulan September bisa sedikit membantu perusahaan ini bertahan.

Samsung, merupakan perusahan terbesar di dunia pembuat smartphone, namun terus kehilangan pangsa pasar bisnis handset karena rival kuatnya Apple, Inc. (AAPL) serta merek Cina yang tengah meningkatkan kualitas produk seperti Huawei Technologies Co Ltd , Xiaomi Corp dan Lenovo Group Ltd.

Nampakna saat ini, Samsung tengah mengubah strategi bisnis mereka dengan meluncurkan beberapa smartphone murah untuk mempertahankan pangsa pasar terhadap merek Cina.