Stop Bikin Processor Untuk PC dan Smartphone, Intel Mau Apa?

Viaberita.com, – Memang baru baru ini ada kabar jika Intel berencana mengehentikan pengembangan dua chip Atom. Hal itu bisa menjadi indikasi kalau Intel akan keluar dari bisnis prosessor Smartphone dan Tablet karena tidak juga meraih sukses selama bertahun tahun.

Di sinyalir Raksasa chip tersebut tengah berbenah untuk mengubah arah bisnis perusahaan. Brian Krzanich selaku CEO Intel, bulan lalu mengatakan dengan tegas bahwa Intel bukan lagi sebuah perusahaan PC.

Sementara itu pendapat Brian tentang masa depan intel adalah “Strategi kami adalah mentransformasikan Intel dari perusahaan PC menjadi perusahaan yang menggerakan cloud dan miliaran perangkat pintar yang terkoneksi internet“.

Brian merasa jika sekarang adalah saat yang tepat untuk melakukan transisi dengan bertumpu pada 5 pilar perusahaan. Sekitar 60 persen pendapatan intel kini disumbang oleh sektor industri diluar PC.

Kelima pilar perusahaan intel yang diyakini brian mampu menjadi tumpuan adalah.
Pilar pertama adalah Cloud dan data Center. Processor Intel Xeon dikenal sebagai penggerak komputer server.

Pilar Kedua adalah IOT (internet of Things). Jika PC dan gadget merupakan perangkat yang tersambung ke Cloud dalam konsep IoT. Brian berencana memfokuskan upaya pengembangan perangkat IoT di sektor otomotif, Industrial dan retail.

Pilar ketiga adalah Memori dan Programmable solution, teknologi 3D XPoint dari intel di klaim brian lebih cepat dibandingkan medium SSD saat ini dan bisa dipakai sebagai memori ataupun penyimpanan server.

Baca Juga : Daftar Harga Kamera Gopro Termurah 2016

Pilar ke empat adalah 5G atau jarinagn konektifitas masa depan yang akan membuka jalan untuk cloud dan aneka perangkat IoT yang selalu terhubung ke internet. Ekosistem 5G akan di buka intel dari modem hingga base station.

Yang terakhir adalah sektor manufacturing dan fabrikasi chip yang akan  menjadi penyokong keempat pilar lain. Teknologi manufaktur yang dimiliki oleh intel menurut brian  akan terus memperkecil ukuran transistor sehingga membuat aneka macam processor lebih hemat daya, lebih kecil dan lebih berkinerja.