Suka Bangun Siang? Ini Resiko Bangun Siang Bagi Kesehatan Anda

Resiko Bangun Siang Bagi Kesehatan

Viaberita.com – Banyak ahli kesehatan menyarankan agar kita membiasakan diri bangun pagi, karena kebiasaan ini memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Bangun pagi kemudian berolah raga dengan udara pagi yang masih segar akan mampu meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh. Berbeda halnya ketika kita bangun siang hari atau di atas jam 8 pagi. Kebiasaan seperti ini ternyata tidak baik untuk kesehatan hlo. Bagi Anda yang doyan bangun siang nampaknya patut sedikit waspada, karena ada beberapa resiko bangun siang bagi kesehatan Anda yang dapat mengganggu aktivitas sehar- – hari. Apa saja?

Sebagaimana dikutip dari detikHealth, Senin (9/1/2015), berikut beberapa resiko bangun siang bagi kesehatan patut Anda waspadai:

  • Sering Pusing atau Sakit Kepala

Anda sering merasa pusing? Bisa jadi rasa pusing tersebut disebabkan oleh kebiasaan banging siang hari. Pasalnya sejulah pakar kesehatan mengatakan bahwa pusing atau sakit kepala bisa saja diakibatkan oleh durasi tidur yang terlalu lama.

Neurotransmitter (sistem saraf) otak akan terganggu ketika Anda tidur dalam waktu yang terlalu lama. Hal ini akan kemudian mengakibatkan terjadinya peningkatan hormon seratonin yang dapat membuat kepala terasa pusing atau sakit.

  • Meningkatkan Berat Badan

Ketika Anda terbiasa bangun siang hari dan terburu – buru berangkat kerja atau sekolah, kemungkinan Anda akan melewatkan sarapan. Akibatnya nafsu makan menjelang makan siangpun umumnya akan meningkat menjadi lebih besar dan menyebabkan porsi makan Andapun akan ikut meningkat. Hal seperti ini tentu tidak baik untuk berat badan Anda.

  • Lebih Mudah Stress

Salah satu resiko bangun siang bagi kesehatan yang harus benar – benar Anda perhatikan adalah stress. Menurut beberapa pakar, bangun siang hari yang kemudian menyebabkan Anda tergesa – gesa untuk berangkat kerja dapat mengurangi intensitas komunikasi dan interaksi Anda dengan keluarga atau kerabat. Apalagi dengan aktivitas Anda yang padat menyebabkan Anda selalu pulang larut malam. Kurangnya komunikasi ini dapat memicu terjadinya stress dalam diri Anda.

Nah demikian tadi beberapa resiko bangun siang bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Selalu usahakan untuk bangun lebih pagi dan lakukan olah raga secara rutin di pagi hari agar tubuh Anda selalu sehat dan bugar.