Temukan Muntahan Paus, Nelayan Ini Mendadak Kaya. Lalu Kenapa Bisa Mahal?

Berita Informatif Terkini

Temukan Muntahan Paus, Nelayan Ini Mendadak Kaya. Lalu Kenapa Bisa Mahal?

Viaberita.com, Bengkulu – Beruntung bukan kepalang apa yang dialami oleh Sukadi, nelayan asal Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Belum lama ini ia menemukan 200 kilogram benda mengapung di tengah Samudra Hindia yang diduga muntahan (Ambergris) ikan paus..

“Awalnya, saya sedang melaut bersama empat rekan. Tepatnya antara Pulau Dua dan Pulau Enggano saya melihat muntahan itu berserak di tengah laut,” kata Sukadi eperti yang dikutp dari laman Kompas.com.

Awalnya ia pun tidak tahu bahwa benda yang mengapung itu adalah muntahan paus. Lalu a berinisiatif untuk mengecek titik koordinat menggunakan global positioning system (GPS). Awalnya Sukadi mengira benda yang bertebaran itu adalah limbah.

“Saya cek GPS, saya kira itu limbah, lalu saya pungut dengan harapan membersihkan laut dari limbah,” ucapnya.

Dan saat benda tersebut ia kumpulkan di perahu lalu dibawa ke darat, baru diketahui jika itu adalah muntahan paus. Pada awalnya Sukadi juga tidak mengetahui bahwa benda tersebut bernilai mahal, hal ini ia ketahui setelah ia mengecek di video Youtube.

“Saya baru sadar, yang saya temukan itu adalah muntahan ikan paus bernilai mahal, maka hebohlah. Kalau saya biasa saja tidak heboh, tetapi orang lain banyak yang heboh,” ujarnya.

Sejauh ini benda yang diduga muntahan paus tersebut, masih disimpan di rumah dan belum ada yang terjual.

“Masih ada di rumah. Saya simpan sekitar 200 kilogram. Belum ada yang terjual, tetapi kalau ada yang berminat serius dengan harga yang cocok, maka saya jual,” ucapnya.

“Sudah banyak yang menghubungi saya namun belum cocok harga. Saya ingin di atas Rp 22 juta per kilogramnya, minimal Rp 30 juta per kilo lah,” ujar Sukadi, seperti dilansir dari harianrakyatbengkulu.com

Ia pun menjelaskan, muntahan paus itu berwarna putih bercampur kekuningan, jika dirasa, seperti memegang lilin. Dan saat dipanaskan, muntahan itu akan meleleh dan dapat digunakan untuk menghidupkan api.

Harga Miliaran

Kenapa Ambergris dibanderol dengan harga yang mahal? Dari beberapa sumber yang didapat, muntahan paus banyak dicari oleh produsen parfum ternama, lantaran ambergris mampu menghasilkan wewangian yang dapat bertahan hingga sangat lama.

Untuk memastikan, bentuk yang menyerupai batu lembek dengan bau tak sedap itu adalah muntahan paus, dan Anda harus mengujinya apakah mudah terbakar atau tidak, jika mudah terbakar, kemungkinan itu adalah muntahan paus yang terdampar di pantai, karena jika beruntung menemukan muntahan paus, Anda akan menjadi miliarder dadakan.

Setiap paus memiliki ambergris yang berfungsi melindunginya dari memakan-makanan yang tak semestinya dimakan. Jadi, cobalah kenali ambergris. (RF)