Tiga Bumbu Dasar Masakan Indonesia yang Harus Diketahui

Viaberita.com – Indonesia memang terkenal dengan negara yang kaya akan kulinernya, banyak varian jenis makanan kuliner yang dapat di jumpai di khatulistiwa ini, karena tiap daerah yang ada di Indonesia pasti memiliki lebih dari satu masakan kuliner yang berbeda dari bentuk, bahan, bumbu yang di gunakan, cara memasak, cita rasa dan warnanya. Namun, tahukan Anda apa saja bumbu – bumbu dasar masakan Indonesia yang terkenal dengan kelezatannya tersebut?

Siswa Soewitomo yang merupakan pakar kuliner di Indonesia menilai, bahwa masakan Nusantara ini sama sekali tidak rumit, karena banyaknya perbedaan yang dimiliki, karena pada kenyataannya bumbu dasar yang sering sekali digunakan untuk masakan hanya ada tiga jenis bumbu dan di aplikasikan ke semua jenis masakan yang ada di Indonesia.

Sisca Soewitomo menyebut seperti bumbu merah, bumbu putih, dan bumbu kuning. Untuk penggunaanya, bumbu dasar tersebut hanya tinggal ditumis dan ditambahkan dengan berbagai bahan atau bumbu pelengkap lainnya.

Berikut pemaparan selengkapnya, tiga bumbu dasar masakan Indonesia, sebagaimana dikatakan wanita kelahiran Surabaya, Jawa Timur ini, Selasa (7/4/2015).

Bumbu putih

Bumbu putih ini terdiri dari paduan bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kemiri yang dihaluskan. Bumbu ini cocok dijadikan opor, lodeh dan masakan lainnya, hanya dengan menambahkan beberapa komponen yang dibutuhkan.

Bumbu merah

Bumbu merah terdiri dari cabai merah besar, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih. Semua bumbu dihaluskan. Warnanya yang merah dan cenderung pedas, membuat bumbu merah ini cocok dijadikan masakan seperti balado, sambal, sayur asam dan masakan lainnya.

Bumbu kuning

Bumbu dasar ini merupakan perpaduan antara bumbu putih yang dicampurkan kunyit. Semua bumbu dihaluskan dan tinggal digunakan sesuai kebutuhan. Bumbu kuning cocok diaplikasikan pada masakan ayam goreng, soto, pepes dan masakan lainnya.