Walk Out Saat Lawan Persija, Ini Dia Sanksi Buat Persib

Berita Informatif Terkini

Walk Out Saat Lawan Persija, Ini Dia Sanksi Buat Persib

Viaberita.com, Jakarta – Pertandingan antara Persib Bandung dengan Persija Jakarta, pada Jumat (3/11/17) kemarin di Stadion Manahan Solo, harus tercoreng akibat tim ‘Maung Bandung’ yang memilih mundur dari pertandingan pada menit ke-83.

Dan atas keputusan yang diambil, tim Persib Bandung akan terancam sanksi berat sesuai regulasi Liga 1 2017. Lalu kenapa para pemain Persib ‘walk out’? Ternyata hal ini dikarenakan, saat salah satu pemain Persib, Vladimir Vujovic mendapatkan kartu merah atas protes berlebih yang dilakukannya kepada wasit Shaun Evans.

Sebelum babak kedua dimulai, Persib pun sempat tidak mau bermain dan bertahan di ruang ganti selama kurang lebih 30 menit, ini dilakukan sebagai bentuk protes atas keputusan wasit. Pasalnya, hakim yang memimpin pertandingan tersebut, menganulir gol yang dibuat Ezechiel N’Douassel di menit ke-27.

Pada regulasi yang ada pada kompetisi Liga 1 2017, Pasal 13 ayat 1 tentang pengunduran diri setelah Liga 1 dimulai disebutkan, setiap klub dapat dianggap dan dinyatakan mengundurkan diri dari Liga 1 apabila; (a) mengundurkan diri setelah dimulainya Liga 1 atau (b) menolak untuk melanjutkan pertandingan di Liga 1 atau (c) meninggalkan lapangan atau stadion sebelum selesainya pertandingan yang dijalankan.

Seperti yang dikutip dari laman cnnindonesia, atas kesalahan tersebut, ada empat sanksi yang dimungkinkan dijatuhkan Komite Disiplin (Komdis) PSSI untuk Persib. Dan itu tertuang dalam Pasal 13 ayat 2 di butir satu sampai empat.

“Seluruh pertandingan yang telah dijalankan dibatalkan dan dinyatakan tidak sah. Seluruh nilai dan gol yang terjadi dalam pertandingan tersebut tidak akan dihitung dalam menentukan klasemen akhir dan dihilangkan dari klasemen,” sebut butir pertama.

“Diharuskan membayar biaya kompensasi terhadap kerusakan atau kerugian yang timbul dan dialami oleh klub lainnya, LIB, sponsor, televisi dan pihak terkait lainnya. Nilai kompensasi akan ditetapkan oleh LIB.”

“Dilaporkan ke Komisi Disiplin untuk mendapatkan sanksi tambahan dan mengembalikan seluruh subsidi yang telah diterima.” (RF)