Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni Belum Resmi Jadi Hari Libur Nasional

Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni

Viaberita.com. Pemerintah Republik Indonesia belum menetapkan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni sebagai hari libur nasional, meskipun berbagai pihak terus mendesak pemerintah untuk segera menetapkannya.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla yang menyampaikan bahwa hingga saat ini belum ada rapat dan keputusan terkait penetapan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni sebagai hari libur secara nasional. “Sejauh ini, saya belum tahu karena harus dirapatkan antarmenteri dan diputuskan melalui Keppres, dan sejauh ini belum ada,” kata JK di Kantor Wapres, Jakarta, Senin (30/5/2016) sebagaimana di lansir republika.co.id.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung menyampaikan bahwa rancangan Peraturan Presiden tentang penetapan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya libur nasional tengah di siapkan oleh pemerintah. Ia mengatakan rancangan perpres tersebut masih dalam finalisasi.

Wacana mengenai penetapan Hari kelahiran Pancasila 1 Juni sebagai hari libur nasional ini sejatinya telah muncul sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun demikian hingga saat ini belum juga terlaksana.

Sejarah Hari Kelahiran Pancasila sendiri bermula dari momen pidato Ir. Soekarno dalam sidang “Dokuritsu Junbi Cosakai” atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada 1 Juni 1945. Dalam kesempatan itulah konsep dan rumusan awal Pancasila dikemukakan.