Loading...

Air Kangen Water Beredar, Kepala BBPOM: Brosurnya Itu Menyesatkan

Loading...


Air Kangen Water Beredar, Kepala BBPOM: Brosurnya Itu Menyesatkan

Viaberita.com, Jakarta – Air kemasan dengan merek Kangen Water, akhir – akhir ini menjadi perbincangan banyak orang, dimulai dari khasiatnya dan mengenai perizinannya. Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan makanan Jakarta Dra Dewi Prawita, Apt, Mkes turut mengomentari hal tersebut. Ia mengatakan Produk Kangen Water disebutnya memiliki brosur dan iklan yang dinilai menyesatkan, karena dalam pemberitahuannya, air yang diproduksi oleh mesin kangen water sebagai obat dan bisa menyembuhkan penyakit.

Ditemui di acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman (GERMAS SAPA), Dewi mengatakan BPOM terus melakukan pengawasan terhadap produk obat dan makanan yang ada di masyarakat. Produk Kangen Water disebutnya memiliki brosur dan iklan yang dinilai menyesatkan, karena menyebut air yang diproduksi oleh mesin kangen water sebagai obat dan bisa menyembuhkan penyakit.

“Brosurnya itu menyesatkan. Tidak ada air itu untuk obat,” ungkap Dewi seperti yang dikutip detikHealth, saat ditemui di acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman (GERMAS SAPA), Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, belum lama ini.

“Jadi mereka itu menjual alat, nah itu disalahgunakan jadi menjual air yang klaimnya belum tentu benar, dan belum bisa dijamin manfaat, mutu dan keamanannya,” sambungnya.

Belum berizin

Sementara itu, Kepala BPOM Penny K. Lupito menyampaikan, untuk izin edar dan pengemasannya belum diberikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Padahal, KanGen Water sendiri sebenarnya sudah ditindaklanjuti keberadaannya sejak tahun 2014 silam.

“Saat itu ditemukan, dilakukan pemeriksaan dan penindakan yang mengedarkan Kangen Water. Tidak boleh menggunakan peralatan tersebut karena belum memenuhi persyaratan yang ada. Belum ada uji keamanan dan mutu dari produk KanGen Water,” tegas Penny.

Sejak awal penindakannya, sebenarnya sudah dilakukan penarikan produk KanGen Water hingga dua kali. Akan tetapi, belakangan air kemasan ini kembali muncul.

“Intinya KanGen Water itu kalau dikonsumsi pribadi ya tidak ada otoritas BPOM, tapi kalau sudah dikemas dan diedarkan artinya tidak memenuhi ketentuan karena tidak dapat izin edar,” tutupnya. (RF)
Loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
Loading...