Penting! Kebiasaan Ini Bisa Membahayakan Kesehatan Hidung, Apa Saja?


Viaberita.com, Inspirasi - Semua orang pasti pernah ngupil. Kebiasaan yang kita kenal dengan sebutan mengupil memang terasa sangat nikmat. Sayang, mengupil untuk para ahli Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) tidak disarankan karena dapat membahayakan kesehatan hidung kita.

Jika kita melakukan "ngupil", beresiko mimisan. Bahkan lebih parahnya bakteri akan masuk melalui jari yang dimasukan kedalam hidung. Beresiko juga terjadinya infeksi.

"Kita tidak rekomendasikan karena akan melukai kulit hidung dan membuat bakteri masuk ke pembuluh darah. Risikonya infeksi," ujar dr. S. Hendradewi, dokter spesialis THT, dalam acara kampanye kesehatan hidung yang bertajuk #cucihidungsetiaphari di Jakarta, Kamis (26/4).

Tak hanya soal infeksi, Hendradewi juga menjelaskan bahwa bagian pembatas antara lubang hidung kiri dan kanan, jika terluka akibat mengupil, bisa menjadi abses atau peradangan di dalam hidung.

"Itu (abses hidung) salah satu emergency di bidang THT. Karena kumannya sangat merugikan," katanya.

Ia juga menambahkan ada kemungkinan terjadinya radang otak jika terjadi lubang akibat luka di batas atas hidung, yang berbatasan dengan tengkorak.

"Perlu diingat batas atas hidung adalah kranium (tengkorak), kalau muncul lubang menembus batas atas dari hidung bisa terjadi radang otak. Apalagi kalau punya gula," tambah Hendradewi.

Mengupil dengan tangan saja sudah berbahaya, apalagi dilakukan dengan bantuan alat seperti cotton buds atau korek kapas. Ini karena hidung memiliki banyak pembuluh darah yang sensitif, dan korek kapas itu bisa menyebabkan infeksi jika melukai bagian dalamnya.


Ilustrasi mencuci hidung. (Foto: Aikhan via Wikimedia Commons)
Jika ingin membersihkan hidung, gunakan air atau larutan isotonik seperti yang disarankan Hendradewi. Cuci hidung dengan air atau larutan isotonik adalah cara terbaik dalam mengeluarkan kotoran dari indra penciuman kita.

"Hidung adalah organ yang penting pada tubuh manusia. Untuk menjaga kesehatan hidung sehari-hari dapat dilakukan pencucian hidung dengan bantuan larutan isotonik," imbuhnya.

Sumber : Kumparan.com