Kanebo Untuk Lap Keringat Lebih Efektif Dari Pada Handuk, Koq Bisa?


Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah kanebo. Namun yang banyak orang belum tahu, kanebo itu adalah nama salah satu merk kain lap jenis itu (dari perusahaan Jepang, AION Co., Ltd.), sedangkan nama produknya sendiri adalah plas chamois. Jadi mulai dari titik ini, kita membahasakannya sebagai plas chamois ya atau handuk chamois, membiasakan yang benar. Dilansir dari berbagai sumber, ini alasan plas chamois lebih efektif dan sehat untuk mengeringkan badanmu daripada handuk!

1. Plas chamois yang biasa digunakan untuk mencuci kendaraan itu berbeda dengan yang digunakan untuk mengeringkan tubuh lho!

Plas chamois yang biasa digunakan untuk mencuci kendaraan bermotor itu dibuat dari lapisan kulit domba yang telah diproses sedemikian rupa, sedangkan plas chamois yang digunakan untuk mengeringkan badan itu terbuat dari mikrofiber sintetik. Berdasarkan diskusi oleh beberapa ahli di Quora, yang paling membedakan adalah serat kainnya. Serat pada plas chamois untuk kendaraan memang perlu sehalus mungkin agar tidak menggores catnya, sedangkan serat pada plas chamois untuk badan memang perlu sedikit lebih kasar agar juga mampu mengangkat kotoran tubuh secara maksimal.

2. Penggunaan plas chamois untuk mengeringkan tubuh jauh lebih cepat daripada handuk biasa tipe apapun

Dilansir dari snappytowels.com, banyak orang tidak menyukai sensasi menggunakan plas chamois di tubuh karena dianggap seperti mengusapkan celana jeans kasar ke tubuh. Padahal daya serapnya lebih dari 2 kali lipat dibandingkan handuk biasa, langsung kering dalam sekali usap permukaan badan. Jika mencari efek mengeringkan, memang plas chamois lebih baik daripada handuk.

Jika mencari tambahan efek menghangatkan tubuh, memang handuk lebih bisa memenuhinya dibandingkan plas chamois. Jadi pada kasus khusus seperti udara lingkungan yang sangat dingin, handuk lebih bermanfaat karena multi fungsinya.


3. Perawatan plas chamois untuk badan juga lebih mudah daripada handuk, selain itu juga tahan lebih lama

Kamu tidak perlu memproses cuci plas chamois seperti kamu mencuci handuk. Kamu hanya perlu membersihkannya dengan sabun ataupun antiseptik, kemudian memerasnya sampai tidak terlalu lembab dan basah, baru lah disimpan kembali di tempatnya. Handuk yang dibiarkan lembab dan basah lebih mudah berjamur dan didiami bakteri, daripada plas chamois.

Dilansir dari drbeasleys.com, berbeda dengan handuk yang memerlukan proses cuci dan jemur. Kamu hanya perlu menjaga agar plas chamois tidak terlalu basah dan tempatnya tetap terjaga kedap udara, supaya tidak berjamur dan supaya plas chamoismu tidak kering. Karena jika plas chamoismu sampai kering, bentuknya akan menjadi keras seperti bahan karton kardus padat.

4. Efek mendinginkan dari plas chamois sangat disukai para atlet, pelancong dan banyak pekerja kasar lapangan

Dibandingkan membawa handuk kemana-mana yang mudah kumal dan bau saat beraktivitas berat, plas chamois tidak hanya mudah menyerap keringatmu (dan air yang mungkin kamu kucurkan ke badanmu akibat kepanasan), tapi juga sangat mudah diperas dan cenderung lebih tidak meninggalkan bau. Dilansir dari towelchamois.com, plas chamois juga punya sensasi efek mendinginkan badan lho, makanya atlet suka banget memakai setelah latihan atau lomba.

Sebagaimana yang telah disebutkan, plas chamois dan handuk memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Sebaiknya memang memiliki keduanya agar lebih fleksibel digunakan sesuai kondisi saat itu. Namun untuk sebagian besar urusan, memang plas chamois lebih unggul dibandingkan handuk. Segera cari aja di toko-toko terdekat.

Sumber : Idntimes.com