Loading...

Kocak Sie Tapi Bikin Sedih, 7 Hal Ini Akan Terjadi Jika Facebook Tutup

Loading...

Kocak Sie Tapi Bikin Sedih, 7 Hal Ini Akan Terjadi Jika Facebook Tutup

Viaberita.com, Berita - Pemerintah Indonesia yang bekerjasama dengan Menkominfo mengancam bahwa akses situs Facebook akan diblokir dalam waktu dekat. Rumor mengenai penutupan situs Facebook mungkin bukan pertama kalinya terdengar di telinga kita. Pada tahun 2011, sempat tersiar kabar bahwa Mark Zuckerberg mengaku cukup kelabakan dalam pengelolaan situs pertemanan tersebut. Selang beberapa bulan, Mark dengan tegas mengklarifikasi bahwa isu itu hanya isapan jempol belaka karena tak terbukti kebenarannya. Namun, beda halnya dengan kejadian yang sedang marak beberapa waktu lalu.

Mark Zuckerberg, selaku pendiri Facebook, harus berhadapan dengan pihak pengadilan lantaran telah terjadinya penyalahgunaan terhadap data-data pribadi para pengguna Facebook. Diketahui, salah satu pihak yang melakukan penyelewengan data-data tersebut adalah Cambridge Analytica. Menyikapi kasus tersebut, pemerintah Indonesia yang bekerjasama dengan Menteri Komunikasi dan Informasi mengancam bahwa akses situs Facebook akan diblokir dalam waktu dekat dan berpotensi pada penutupan situs itu sendiri.

Sebelum hal itu benar-benar terjadi, Sahabat Trivia lebih baik menyimak tujuh hal yang akan kalian rindukan jika pada akhirnya Facebook hanya tinggal nama di Indonesia.

1. Pengingat ulang tahun teman


source: z90
Beberapa platform jejaring sosial lain mungkin memiliki fitur serupa yang dapat memberitahu kita bahwa si pemilik akun sedang berulang tahun. Sebut saja Twitter. Sahabat Trivia akan melihat lusinan balon berwarna-warni menghiasi profil orang tersebut tepat pada hari ulang tahunnya. Namun, Facebook seakan memiliki keunggulan push notifications yang mana momen ulang tahun akan dikirim secara real-time bahkan beberapa hari sebelumnya. Layaknya mesin pengingat, fitur ini sangat berguna buat sebagian pengguna Facebook yang tak ingin melewatkan perayaan ulang tahun orang-orang terdekat mereka.

2. Kebiasaan colek-mencolek


source: mashable
Sahabat Trivia pernah mengalami fase ketika hendak memulai pembicaraan lewat Facebook, tetapi bingung cara memulainya? Well, mungkin kalian tak sendirian. Pasalnya, fitur poke sering kali digunakan untuk memberi kode bagi seseorang bahwa kita pernah mengunjungi laman profilnya dan tertarik untuk berbincang-bincang. Jadi, kebayang dong kalau fitur ini tak lagi tersedia lantaran akses Facebook benar-benar ditutup?

3. Games legendaris - Farmville


source: lifewire
Sahabat Trivia yang menggemari permainan simulasi berkebun mungkin tak asing lagi dengan nama Farmville. Di eranya, game ini bahkan digilai oleh sebagian besar pengguna Facebook. Maka tak heran jika setiap kali kalian berkunjung ke laman profil seseorang, dinding Facebook-nya selalu dipenuhi oleh informasi skor dan progres dari permainan ini. Dan meskipun demam Farmville telah meredup sejak beberapa tahun lalu, tak dipungkiri bahwa game bercocok tanam ini pernah menjadi yang terfavorit sebelum orang-orang mengenal Clash of Clans maupun Mobile Legend.

4. Status di masa lalu dengan tulisan 'nyentrik'


source: oomph
Tak bisa disangkal, status Facebook yang dikombinasikan dengan huruf kapital, angka, dan sejumlah tanda baca pernah menjadi tren di masanya. Tolok ukur seseorang bisa dilihat dari kreativitasnya dalam merangkai tulisan tersebut. Dan tak jarang, status terdahulu dengan tulisan-tulisan aneh itu kerap muncul di beranda setiap kali kita membuka laman Facebook. Hayo, Sahabat Trivia yang pernah menulis seperti ini, mana suaranya?

5. Undangan virtual


source: marismith
Fitur lain yang tak kalah penting, Facebook menyajikan sebuah layanan di mana orang-orang dapat membangun sebuah forum maupun klub khusus untuk para anggotanya yang memiliki minat yang sama. Tak jarang, forum ini juga dijadikan wadah untuk berdiskusi sesama anggota, membangun relasi yang lebih luas, termasuk menyebar undangan virtual tanpa perlu kerepotan sama sekali. Cukup mencantumkan waktu dan tempat, rincian jenis acara, maka undangan tersebut sudah dapat dikirim kepada seluruh anggota. Sesimpel itu, Sahabat Trivia.

6. Informasi mengenai relationship


source: mtv
Ada kebanggaan tersendiri ketika seseorang mencantumkan nama kekasihnya pada laman profil maupun kolom biodata di setiap akun sosial media miliknya. Facebook, sebelum orang-orang bermigrasi ke Twitter dan Instagram, merupakan wadah yang tepat untuk pamer apa-apa yang bersifat personal. Salah satunya dengan menghadirkan fitur relationship status. Hanya dengan sedikit kustomisasi pada laman profil, orang-orang di seluruh dunia akan tahu dengan siapa kamu menjalin hubungan, apakah kamu sudah bertunangan dan hendak melangsungkan pernikahan, bahkan informasi yang menerangkan bahwa kamu sedang cari jodoh pun tersedia di fitur ini.

Bisa disimpulkan, pada zamannya Facebook tak hanya dikenal sebagai situs pertemanan tetapi juga cukup mumpuni sebagai media mencari jodoh.

7. Kolom status Facebook yang tak memiliki batasan karakter


source: tnw
Sejatinya, perkembangan teknologi yang kian hari kian berkembang selalu menawarkan kita pada sesuatu yang baru. Seperti yang dilakukan oleh salah satu platform sosial media pada akhir tahun 2017 silam. Twitter dengan percaya diri mengekspansi kapasitas cuitannya yang mencapai 280 karakter dalam satu kali unggahan. Padahal jika ditengok ke belakang, Facebook memiliki satu keunggulan yang mana kolom statusnya tak memiliki batasan karakter. Bahkan, pengguna pun bisa menyertai status tersebut dengan unggahan beberapa foto sekaligus.

Sumber : Trivia.id
Loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
Loading...