Mencari email tertarget menggunakan fasilitas Google Search Engine

Mencari email tertarget menggunakan fasilitas Google Search Engine


Viaberita.com, Jakarta, Pesan elektronik e-mail bagi pebisnis merupakan alat penjualan yang masih dianggap ampuh. Kecepatan perpindahan data internet akhir akhir ini membuat penggunaan email menjadi tidak asing lagi digunakan. Terlebih kalangan profesional yang menggunakan e-mail untuk komunikasi bisnis mereka. Karena setidaknya e-mail digunakan memiliki keuntungan : Cepat, Lengkap, Terekam, Mudah dicari.

Tingginya penggunaan e-mail ini pada akhirnya untuk para marketer juga bisa dijadikan sebagai alat untuk membangun prospek bisnisnya. Semakin banyak database e-mail yang tertarget ditemukan oleh marketer, semakin besar peluang marketer untuk bisa mengembangkan prospek bisnis mereka.

Alat yang digunakan untuk mencari alamat email ini sangat banyak di pasaran. Mulai dari gratis hingga berbayar. Namun, kali ini akan kami paparka bagaimana mencari database email tertarget dengan menggunakan fasilitas Google Search Engine.

Google Search Engine






Info Viral Indonesia

Kita buka alamat google.com untuk membuka aplikasi pencarian berdasarkan kata.

Pencarian Email Tertarget
Info Viral Indonesia

Setelah masuk di situs google.com selanjutnya ketik kata kunci “site:id.linkedin.com [title pekerjaan yang dituju] “@gmail.com” OR “yahoo.com” <– parameter untuk mencari jenis email dari situs apa saja yang akan dicari.

Penjelasan Pencarian Kata Kunci Mencari email Tertarget

Sebelum masuk dalam penjelasan berikutnya, kami akan menjelaskan sedikit mengenai mengapa menggunakan salah satu keyword

“site:id.linkedin.com HRD “@gmail.com” OR “yahoo.com”

“site:” adalah perintah untuk menjalankan mesin pencari agar menampilkan index di salah satu situs tertentu.

“id.linkedin.com”

lalu mengapa dengan id.linkedin.com ? Karena linkedin.com adalah situs sosial media untuk profesional dan pebisnis mencari networking, pencari pekerjaan, dan tentunya marketer yang ingin memperluas jaringan bisnisnya. Atas dasar ini lah situs linkedin.com setidaknya dalam asumsi awal adalah tempat yang kredibel untuk mencari alamat email yang tertarget dan spesifik untuk kebutuhan bisnis.

Sedikit mengulas tentang url id.linkedin.com artinya adalah id adalah tanda untuk lokasi. ID = Indonesia, IN = India, US = Ameria, SG = Singapura. Ini sesuai dengan nama domain internasional.

“HRD” adalah perintah untuk hanya menampilkan title pekerjaan yang dituju. Berguna untuk semakin mempersempit target pencarian. Sehingga hasil semakin rinci dan spesifik.

“@gmail.com OR @yahoo.com” adalah Perintah kepada mesin pencari google hanya menampilkan email yang diketik. Semakin banyak parameter yang ditulis, semakin banyak pula kemungkinan kita mendapat email yang lebih banyak.

Hasil dari pencarian email tertarget


Info Viral Indonesia

Setelah mendapatkan list index yang ditampilkan di mesin pencari. Tekan crtl + A untuk select all text yang ada di satu page penuh. Lalu tekan crtl + C atau copy semua teks yang ada.

Seleksi email tertarget
Info Viral Indonesia

Kunjungi situs http://eel.surf7.net.my/. Untuk mengextrak teks yang ada hanya menyisakan alamat email. Masukan teks yang telah di copy tadi kedalam kolom input window.

Sebelum extract anda dapat menentukan pilihan output yang dikehendaki. Semisal pilihan sparator [comma] [pipe] atau [New Line]. Agar mudah dibaca pilih [NewLine]. Lalu extract, dan select all hasil extract di output window.

Simpan email tertarget dalam file csv. Caranya cukup copy paste kedalam exel atau google Sheets. Lalu simpan dalam bentuk csv.