Tombol Praktis Power Point Yang Jarang Diketahui Orang

Tombol Praktis Power Point Yang Jarang Diketahui Orang

Viaberita.com, Teknologi - Anak sekolah dan mahasiswa pasti sudah tidak asing lagi dalam pemakaian aplikasi Power Point untuk membuat sebuah presentasi di sekolah. Nah, banyaknya fitur di dalam Power Point juga membantu dalam pengerjaan presentasi. Namun, untuk semakin memudahkan fitur tersebut, maka dibutuhkan cara cepat dan praktis untuk menggunakan pilihan tersebut. Berikut trik manjur penggunaan Power Point.

1. Kamu bisa kembali ke slide awal secara otomatis tanpa melakukan sliding satu persatu


Dok. IDN Times
Saat melakukan presentasi di depan kelas, biasanya akan melakukan perubahan slide di setiap waktunya. Nah, dari slide pertama hingga akhir hanya bisa digeser dengan menekan tombol panah kanan atau tombol spasi. Jika sudah sampai di slide akhir dan hendak kembali ke slide pertama, kamu cukup menekan tombol 1 + Enter secara bersamaan. Tidak perlu menekan tombol panah kiri satu persatu untuk kembali ke slide pertama. Praktis bukan?

2. Cara mudah jika hendak melakukan print file Power Point


Dok. IDN Times
Nah, terkadang kita membutuhkan hasil cetak dari slide show yang sudah kita buat di Power Point. Cara paling gampang untuk print adalah menekan tombol CTRL+SHIFT+F12. Memudahkan bukan? Cara ini sangat praktis digunakan ketika kita sedang diburu waktu.

3. Mengganti jenis font dengan cepat dan praktis


Dok. IDN Times
Saat melakukan editing pada tulisan di slide Power Point, tiba-tiba ingin mengganti jenis font yang ada, maka hanya menekan CTRL+SHIFT+F. Untuk menerapkan cara ini, kamu harus menaruh kursor di tulisan yang hendak di-edit. Pada tabel pilihan tersebut, kamu akan menemui pilihan lengkap untuk mengedit font tulisan di slide Power Point.

4. Mempermudah pengecekan terakhir pada slide show yang dibuat


Dok. IDN Times
Slide show yang dibuat di Power Point tentunya perlu diperiksa sebelum presentasi. Pengecekan tersebut digunakan untuk melihat apakah slide show sudah lengkap atau belum. Untuk itu, kamu bisa menekan tombol CTRL+END pada keyboard kamu untuk langsung menuju slide akhir. Tidak perlu menekan panah bawah satu persatu. Hal ini untuk mempersingkat waktu dan lebih praktis.

5. Menghilangkan pilihan menu pada ruler bagian atas Power Point


Dok. IDN Times
Saat membuat slide show pada Power Point, terkadang kita terganggu dengan banyaknya pilihan pada ruler bagian atas. Hal ini bisa menyebabkan kepencet dan mengubah slide show dengan sendirinya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka ada baiknya menghilangkan ruler tersebut dengan cara menekan tombol CTRL+F1. Nah, untuk mengembalikan pilihan tersebut dapat menekan kembali tombol itu tersebut jika diperlukan.

6. Membuat slide baru dengan cara yang lebih mudah dan praktis


Dok. IDN Times
Membuat slide baru pasti kamu lakukan saat hendak presentasi. Tidak perlu mencari pilihan New Slide di layar, kamu cukup menekan tombol CTRL+M untuk memudahkan menambah slide baru. Sedangkan, CTRL+N adalah cara cepat untuk membuat Power Point baru.

7. Menutup slide show atau file Power Point


Dok. IDN Times
Tidak jarang kejadian laptop kamu tiba-tiba lemot dan tidak bisa digerakkan. Nah, untuk kejadian ini kamu bisa menutup file Power Point kamu dengan cepat yakni menekan tombol CTRL+Q. Terkadang, simbol X untuk menutup aplikasi tidak bekerja, maka cara ini ampuh loh.

8. Mengaktifkan kolom notes di Power Point


Dok. IDN Times
Kolom notes di Power Point biasanya digunakan untuk menyimpan catatan-catatan penting saat melakukan presentasi. Biasanya, catatan tersebut berisi apa yang hendak disampaikan saat presentasi dan mencatat pernyataan dari audience. Cukup menekan tombol SHIFT+F6 untuk mengaktifkan kolom notes tersebut.

Ayo belajar praktis dan cepat bersama Power Point kamu!

Sumber : Idntimes.com